Tim dari Irlandia Buat Film Dokumenter Tentang Yaki

Reporter : | 31 Mei, 2017 - 7:36 pm WITA

tmp-cam--584068526BITUNG, (manadotoday.co.id) – Tim dari Negara Irlandia, yang terdiri dari Sandra Molloy (Registrar/Research and Conservation Coordinator – Dublin Zoo Irlandia), John Higgins (Producer Moondance Production), Darragh Mc Carthy (Camera man), bertatap muka dengan Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban SE MSi bersama Ketua TP PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung MAi yang juga sebagai Duta Yaki Kota Bitung, di Rumah Jabatan Walikota Bitung, Selasa kemarin.

Adapun maksud kedatangan mereka yaitu untuk membuat Film dokumenter tentang konservasi Yaki di daerah Cagar Alam Tangkoko Bitung. Tujuan dari pembuatan Film ini adalah mendokumentasikan keberadaan Yaki di alam, apa yang masyarakat lakukan berkaitan dengan Yaki, membagi informasi kepada dunia luar, dan menjadi sarana pendidikan tentang keberlangsungan species Macaca Nigra ini.

“Setelah melewati proses produksi diantaranya perekamanan, editing, rencana dari tim adalah menayangkan film dokumenter tersebut pada tahun depan,” ujar Higgins.

Dalam pertemuan itu, Lomban mempresentasekan potensi dan keunggulan Kota Bitung dan langsung merespon maksud dan tujuan pembuatan film tersebut.

Walikota juga menitipkan pesan bahwa pembuatan film tersebut setidaknya menyebutkan keberadaan Hutan Tangkoko secara geografis sebagai bagian dari Kota Bitung.

“Sehingga Kota Bitung pun turut dikenal masyarakat dunia,” paparnya.

Rawung sendiri sebagai Duta Yaki Kota Bitung mengatakan, siap memberikan bantuan dan dukungan dalam proyek ini.

“Karena dengan adanya proyek ini dapat membuka mata dunia tentang pentingnya kelestarian Yaki dan keindahan lain Kota Bitung,” tutur Rawung bersemangat.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment