Mensos Khofifah Salurkan PKH di Minahasa

Reporter : | 22 Mei, 2017 - 2:34 pm WITA

tmp-cam--1458939114TONDANO, (manadotoday.co.id) – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara Muhammad Mokoginta, SE, MT, Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, MSi dan Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial RI Nurpujianto, menyalurkan bantuan non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di kabupaten Minahasa pada Kamis (11/05/2017).

tmp-cam--1596698041Turut hadir dalam acara tersebut Pemimpin Wilayah Bank BRI Manado DP. Oka Mahardjana, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulut dr. Lisye Grace L. Punuh, M.Kes, Pemimpin BRI Tondano M. Noeroel Fadjari, Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Dandim 1302 Minahasa Jubert Nixon Purnama, STh, mewakili kapolres Minahasa, Benny Mambu anggota DPRD Minahasa, Forkopimda Kabupaten Minahasa, kepala dinas sosial kabupaten Minahasa Royke kaloh SH, jajaran pemerintah dan tamu Undangan.

Bupati Minahasa saat membawakan sambutan memberikan apresiasi atas upaya penanganan terhadap masyarakat miskin yang dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan melalui program PKH yang dilaksanakan pemerintah pusat hingga daerah.

tmp-cam--511267497“Terima kasih kepada Kementerian Sosial karena Begitu perhatian kepada masyarakat miskin, semoga Indonesia semakin pintar, sehat, sejahtera dan hebat khususnya di Minahasa ,” ujar Bupati.

Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial Republik Indonesia, melaporkan tentang jumlah masyarakat miskin, jumlah KK yang menerima bantuan, jumlah bantuan yang diberikan, dan penyalur pemberi bantuan yaitu bank BRI.

tmp-cam-2144161574Gubernur Sulawesi Utara melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sulut, juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Sosial karena sudah dua kali berkunjung di Minahasa, Sulawesi Utara.

“Kemiskinan merupakan permasalahan bangsa yang mendesak sehingga dalam rangka memenuhi hak-hak dasar masyarakat pemerintah pusat bersama pemprov dan pemkab bekerja sama menyukseskan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk menghidupi masyarakat yang bermartabat ,” ujarnya.

tmp-cam-2084761834Badan pusat statistik melaporkan bahwa untuk angka kemiskinan di Sulut mengalami penurunan, dari 8,98 persen menjadi 8,20 persen. Meski presentasi menurun namun kemiskinan harus tetap ditekan secara maksimal dengan melibatkan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat secara menyeluruh.

tmp-cam--1909237412Pemerintah Provinsi menyambut gembira kunjungan ibu menteri ini merupakan wujud komitmen dan perhatian dari pemerintah pusat.

Dia menghimbau kabupaten yang menerima bantuan manfaat PKH ini harus sesuai kriteria agar program ini tepat guna pada masyarakat dan semoga memberikan hasil yang positif bagi masyarakat.

tmp-cam--1857499732Sedangkan dari pemimpin wilayah Bank BRI Manado mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan Kementerian Sosial RI, serta bersyukur dapat berpartisipasi menyukseskan program kementerian sosial.

Menurutnya program ini memberikan kemakmuran kepada masyarakat secara adil dan merata. Tepat, cepat, aman dan mudah, menjadi karakteristik dari program ini. Penerima bantuan dapat menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) BRI untuk menerima penyaluran bantuan sosial.

tmp-cam--942095614Sinergi kerjasama antara bank BRI dengan Kementerian Sosial menjadi sudah terjalin dari tahun 2007 sampai saat ini. Kedepannya, mereka berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut agar dapat terwujud masyarakat yang sejahtera.

Selanjutnya Mensos dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini kita BRI melakukan pencairan pertama selanjutnya bulan Juni, Agustus dan seterusnya.

tmp-cam--700317554Beliau menjelaskan mengenai kegunaan kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) yang dapat digunakan di beberapa ATM bank Negara, agar dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat.

“Bantuan PKH tidak dipotong, digunakan buku tabungan agar tidak ada oknum yang menyalahgunakan bantuan PKH karena ditransfer langsung ke rekening,” tukas Mensos.(Rom)

Baca Juga :

Leave a comment