Dandim 1302 Minahasa Irup Upacara Memperingati Harkitnas ke-109 di Minahasa

tmp-cam--1458939114TONDANO, (manadotoday.co.id) – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 tahun 2017 juga digelar di kabupaten Minahasa, dengan Komandan Kodim (Dandim) 1302 Letkol Jubert N. Purnama STh bertindak selaku inspektur upacara (Irup).

Dalam upacara yang dihadiri oleh Wakil bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit, SH, staf ahli bupati, Pejabat eselon II dan seluruh Aparatur Sipil Negara, prajurit dan undangan, dibacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang berbunyi, kiranya semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar sampai sekarang untuk menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa. Presiden telah mencanangkan Penekanan khusus pada semua aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan dengan membangun indonesia dari pinggiran, membangun dan memperkuat desa-desa dengan pendapatan penduduk 40% (indeks kesenjangan). Pemerataan agar tidak ada jurang yang membatasi kita.

Tema Peringntan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini, ‘Pemerataan pembangunan indonesia yang berkeadilan sebagai wujud kebangkitan Nasional’, adalah pesan yang tepat dan tidak hanya tertanam didalam hati namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kita kepada masyarakat dan bangsa.

“Pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan disegala sektor,” ujar Purnama.

Disektor kelistrikan misalnya pembangunan ketenagalistrikan telah dilakukan di 2.500 desa yang belum mendapat aliran listrik. Subsidi listrik difokuskan pada masyarakat menengah kebawah, sehingga bisa dilakukan relokasi subsidi listrik tahun 2016 sebesar Rp. 12 Trilliun dialihkan untuk menunjungan sektor kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Dalam bidang agraria juga telah diluncurkan kebijakan pemerataan ekonomi yang bertumpu pada 3 pilar yaitu lahan, kesempatan dan SDM. Kebijakan ini menitikberatkan pada reforma agraria, pemerintah juga melakukan upaya pemerataan disektor Kominfo melalui program palapa ring agar keberadaan internet berkecepatan tinggi (broadband) dapat dinikmati secara luas.

“Kita harus berpihak untuk mendahulukan kepentingan bangsa ditengah gempuran lawan-lawan yang bisa jadi makin tak kasat mata, justru karena itulah maka kita tak boleh meninggalkan orientasi untuk terus mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial. Semoga kita bisa meniti ombak besar perubahan digital dengan selamat dan sentosa bagi orientasi pelayanan pada masyarakat, hanya dengan semangat untuk tidak meninggalkan satu orang pun tercecer dalam gerbong pembangunan maka negara kesatuan Republik Indonesia ini alan tetap Jaya,” tegasnya.

Acara dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Nasional Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017 Dihadiri Kapolres Minahasa AKBP Samsubair SIK Bertindak sebagai Inspektur Upacara, wakil bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Kasat PolPP AKBP David Lembang, Wakapolres Alkad Karouw, pdt. Evert Tangel STh, MPdK, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Polres Minahasa, Prajurit Kodim dan Pramuka. (Rom)