Sempat Tertimbun Longsor, Akses Jalan Kembes dan Touliang – Kombi Kembali Normal

Reporter : | 17 Mei, 2017 - 9:27 pm WITA

tmp-cam--1954967334TONDANO, (manadotoday.co.id) – Hujan yang melanda daerah Minahasa dalam beberapa hari terakhir ini berakibat longsor, seperti yang terjadi di jalan yang menghubungkan Tondano – Manado via Kembes dan Touliang – Kombi pada Rabu (17/05/2017).

Untung saja berkat koordinasi yang cepat antar pemerintah desa, kecamatan hingga ke pemkab Minahasa, termasuk didalamnya badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kabupaten Minahasa, timbunan tanah yang sempat menutup badan jalan dengan cepat dibersihkan, hingga arus lalu lintas menjadi normal.

“Begitu mendapat informasi kami langsung bergerak termasuk dengan mengirim alat berat untuk membersihkan badan jalan dari timbunan tanah. Selain itu kebersamaan warga desa untuk turut membantu makin memperlancar dan mempercepat pembersihan badan jalan,” ujar kepala BPBD Johanis Pesik S.Sos.

Dikatakan Pesik, curah hujan yang masih terjadi hingga kini tetap harus diwaspadai mengingat Minahasa merupakan daerah yang rentan terjadi bencana alam baik banjir maupun tanah longsor. Minahasa dikelilingi oleh titik bencana yang hampir terdapat di semua kecamatan, baik dataran tinggi maupun pemukiman warga yang berada di bibir pantai.

Pesik mengingatkan agar warga dan pemerintah desa maupun kecamatan terus melakukan koordinasi dan secepat mungkin memberikan informasi maupun laporan jika terjadi bencana.

“Yang paling penting adalah koordinasi. Begitu informasinya masuk kami langsung bergerak dan secepat mungkin melakukan tindakan,” harapnya. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment