Pertahankan NKRI, Ribuan Warga Tomohon Gelar Aksi Turun ke Jalan

Reporter : | 12 Mei, 2017 - 11:50 pm WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Sebagai bentuk dukungab terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dari segala bentuk ancaman, Jumat (12/5/2017) ribuan warga Kota Tomohon turun ke jalan.

Aksi turun ke jalan mendukung keutuhan NKRI di Kota Tomohon

Aksi turun ke jalan mendukung keutuhan NKRI di Kota Tomohon

Aksi dengan Tema ”Aku Indonesia” dan Sub Tema ”Selaksa Merah Putih untuk¬† Bela Negara, NKRI Harga Mati ini dilakukan debgan jalan sehat membawa bendera merah putih.

Jalan sehat menganbil start di Pusat Kota Tomohon dan finish di SMA Lokon Kakaskasen Dua Timohon Utara.

Sebelum melepas peserta  jalan sehat, Walikot Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak didampingi Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk respon dari rakyat Kota Tomohon yang menyatakan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersifat final dan menjadi harga mati.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan semangat kebangsaan agar nilai-nilai Nasionalisme terus berkobar kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon,” kata Eman.

Ribuan bendera merah putih dan spanduk untuk aksi bela NKRI

Ribuan bendera merah putih dan spanduk untuk aksi bela NKRI

Ketua Komisi Pemuda Sinode GMIM Toar Pangkey ST MT membacakan deklarasi tentang dukungan masyarakat Kota Tomohon terhadap keutuhan NKRI.

Deklarasi ditandatangani Wakil Wali Kota Tomohon bersama perwakilan unsur TNI, Polri, tokoh agama dan masyarakat, siswa, serta masyarakat umum.

Wali Kota Tomohon sendiri waktu lalubtekah Menandatangani  Deklarasi dalam kegiatan aksi bela negara di Manado yang dibuka oleh Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (PURN) Ryamizard Ryacudu pada 3 mei 2017 lalu.

Bunyi deklarasi masyarakat Kota Tomohon yakni siap membela dan mempertahankan Pancasila, UUD 1945, Bhineka tunggal Ika dan NKRI, Cinta tanah air dan rela berkorban untuk bangsa dan negara RI, mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai ideologi NKRI, mengamalkan nilai-nilai keluhuran, budaya dan filosofi si tou timou tumou tou, serta menolak keras paham radikalisme, fanatisme, sara, kekerasan, intoleransi Pancasila, ketidakadilan dan segala bentuk korupsi kolusi dan nepotisme.

Ribuan masyaraiat Kota Tomohon antusias turun ke jalan sebagai bentuk aksi bela NKRI

Ribuan masyaraiat Kota Tomohon antusias turun ke jalan sebagai bentuk aksi bela NKRI

Jalan Sehat juga diikuti Anggota Dewan Perwakilan Daerah Reoublik Indonesia (DPD-RI Ir Stefanus BAN Liow dan Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur.

”Kegiatan ini sangat baik dan menunjukkan betapa cintanya pemerintah dan masyarakat terhadao keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Liow. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment