Bitung Percontohan Pelayanan Publik

Reporter : | 12 Mei, 2017 - 10:40 am WITA

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Kota Bitung di 2017 ini masuk sebagai daerah percontohan penyelengaraan pelayanan publik, sebagaimana penyampaian tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), saat mengunjungi Kota Bitung Rabu (10/5/2017).

Ketua tim Muhammad Yusuf Kurniawan mengatakan hal tersebut berdasarkan monitoring langsung unit penyelengaraan pelayanan publik di Pemkot Bitung seperti Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kependudukan dan Catatan Sipil dan RSUD.

“Penyelenggaraan pelayanan publik guna memberikan kepastian, meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kota Bitung. Selain itu juga penting adanya keselarasan dengan kemampuan penyelenggara sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat,” paparnya.

Adapun setiap penyelenggara unit pelayanan publik di Bitung menurutnya, harus mampu menyusun, menetapkan, dan menerapkan standar pelayanan publik dengan baik.

“Dan konsisten sebagaimana wujud prinsip pelayanan yang telah diatur,” saran Kurniawan.

Sementara itu, Wakil Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri saat menerima tim di ruang kerjanya mengatakan, Pemkot Bitung terus berupaya dan akan terus meningkatkan mutu pelayanan publik yang lebih berkualitas sebagaimana hal ini merupakan tuntutan masyarakat.

“Tentunya degan adanya aspirasi masyarakat kita harus memberikan pemahaman dan persepsi yang sama terhadap penyelenggara, masyarakat, dan pihak terkait dalam penyusunan standar pelayanan. Serta diperlukan adanya standar pelayanan di tiap unit pelayanan sebagai jaminan dan kepastian penyelenggaraan pelayanan,” jelasnya.

Mantiri mengapresiasi terhadap tim evaluasi Kementerian PAN-RB, dimana mereka menyatakan Bitung masuk sebagai percontohan penyelengaraan pelayanan publik.

“Kita jangan cepat berbangga dan puas, namun hal ini kita harus wujudkan dengan peningkatan kinerja yang nyata menuju kualitas pelayanan yang lebih hebat,” kunci Mantiri.

Turut mendampingi Wawali, Sekretaris Kota Bitung Drs Audy Pangemanan AP MSi serta sejumlah perangkat daerah terkait. Diketahui, di Sulut hanya Bitung dan Kota Manado yang masuk dalam percontohan pelayanan publik.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment