Kandouw Ajak Perempuan di Sulut Berperan Bantu Pemerintah Tekan Kemiskinan

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E. Kandouw, mengajak perempuan di daerah ini untuk bisa turut berperan aktif dalam menekan angka kemiskinan.

“Pemberdayaan perempuan yang baik akan sangat berpengaruh dalam perputaran ekonomi Sulut,” ujar Wagub Kandouw, ketika membuka “Temu Daerah Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak” (PUSPA) Nyiur Melambai, yang digelar di salah satu hotel berbintang di kawasan Boulevard Manado, Selasa (9/5/2017).

Pada kesempatan tersebut, Kandouw mengingatkan kembali, Darrah Bumi Nyiur Melambai menempatkan perempuan dan laki-laki setara, sehingga peluang bagi perempuan untuk berpartisipasi positif terbuka lebar.

Lanjut Kandouw, perempuan Sulut yang memiliki kreatifitas yang baik dan berpotensi untuk menjadi usaha yang harus terus dikembangkan, seperti kerajinan tangan yang bisa dijual untuk turis asing.

“Dari pada termakan iming-iming bekerja di luar dengan gaji melimpah, namun ternyata menjadi korban trafficking, lebih baik menjadi wirausaha yang bisa memberi efek positif dalam laju perkembangan ekonomi daerah tercinta ini,” ujarnya.

Kandouw juga meminta koordinasi baik Kabupaten maupun Kota di Provinsi Sulut harus diperhatikan, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam pemberdayaan perempuan, alangkah baiknya program pemerintah pusat sinkron dengan provinsi, dan kemudian kabupaten dan Kota.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulut, Mieke Pangkong menambahkan, kegiatan yang rencananya berlangsung hingga tanggal 10 Mei 2017 ini dihadiri Unit Kerja PP-AS Provinsi dan Kabupaten Kota, wakil dari LSM, Ormas, PSW dan PSGA dan juga pelaku Usaha dan media. (ton)