Lantik 6 Hukum Tua, JWS: Tanggalkan Perbedaan, Jaga Persatuan

Reporter : | 10 Mei, 2017 - 8:19 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow M.Si (JWS) padq Selasa (8/05/2017) secara marathon melantik enam (6) hukum tua terpilih di enam Desa, hasil Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) secara serentak 48 Desa pada 25 April 2017 lalu.

JWS saat melantik didampingi Wakil Bupati Ivan S J Sarundajang, Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, ketua TP PKK kabupaten Minahasa Dr Olga Sajow Singkoh M.Hum, asisten 1 bidang pemerintahan dan kesra Dr Denny Mangalah M.Si, serta sejumlah pejabat di lingkup pemkab Minahasa.

Dalam sambutannya JWS meminta kepada Hukum Tua terpilih, para calon hukum tua, serta seluruh masyarakat untuk menanggalkan perbedaan dan kembali membangun persatuan dan kesatuan demi kelangsungan roda pemerintahan dan pembangunan di Desa.

“Saya meminta kepada semua unsur untuk melupakan perbedaan yang telah terjadi saat Pilhut berlangsung. Kini saatnya kita bangun kembali rasa kebersamaan, rasa persatuan demi kemajuan Desa kita,” ujar Bupati.

Dalam pelantikan yang dimulai di Desa Tonsea Lama, kecamatan Tondano Utara dan berakhir di Desa Pineleng, Dua kecamatan Pineleng, Bupati mengatakan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Desa harus terus berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh warga. Kepada Hukum Tua yang dilantik, Bupati berpesan agar dalam melaksanakan tugas senantiasa berlandaskan pada aturan yang berlaku, ciptakan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat mendukung maupun yang tidak mendukung saat pilhut lalu.

Hal yang tak kalah penting menurut Bupati, bahwa dalam melaksanakan tugasnya senantiasa mengandalkan Tuhan, menjalankan tugas dan tanggung-jawab dengan baik dan tidak melakukan tindakan-tindakan tercelah.

“Sebagai pemimpin di Desa, hukum tua harus bertindak adil terhadap masyarakat. Tugas selaku hukum tua tidaklah mudah, karena itu lakukanlah tugas yang telah dipercayakan. Jangan jadikan tugas ini sebagai beban, namun lakukanlah tugas ini sebagai sebuah penghargaan dan kehormatan yang diberikan oleh masyarakat demi kemajuan Desa,” harap JWS.

Untuk pelantikan Hukum Tua Desa Tonsea Lama, JWS sempat bernostalgia dengan mantan Bupati Minahasa yang saat ini menjabat wakil ketua Deprov Sulut Drs Stevanus V Runtu yang didampingi Careig N Runtu yang juga wakil ketua DPRD Minahasa.

Adapun keenam Desa yang di lantik adalah. 1. Estefanus Dimpudus, Hukum Tua Tonsea Lama, kecamatan Tondano Utara. 2. Petrus Moningka, Hukum Tua Desa Suluan, kecamatan Tombulu. 3. Minggus G Languju, Hukum Tua Desa Tombuluan, kecamatan Tombulu. 4. Audy E Kindange, Hukum Tua Desa Kembes II, kecamatan Tombulu. 5. Johanis Parengkuan, Hukum Tua Desa Kali, kecamatan Pineleng. 6. Hengky Tangapo, Hukum Tua Desa Pineleng II, kecamatan Pineleng. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment