Dinas Damkar Minahasa Masih Kekurangan Mobil Damkar

Reporter : | 10 Mei, 2017 - 8:08 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) kabupaten Minahasa Alexander Mamesah mengatakan pihaknya masih kekurangan mobil pemadam kebakaran.

Kabupaten Minahasa terdiri dari 25 kecamatan, artinya luas wilayah sangat besar, dan hal itu tak bisa diimbangi dengan jumlah mobil pemadam kebakaran saat ini.

“Dinas Damkar Minahasa kini hanya memiliki 5 mobil Damkar, artinya tidak sesuai dengan keberadaan Minahasa yang begitu luas ,” ujar Mamesah, saat ditemui manadotoday.co.id, Selasa (8/05/2017).

Dikatakan Mamesah, idealnya kabupaten Minahasa harus memiliki satu (1) unit mobil Damkar di setiap daerah pemilihan (Dapil) yang berjumlah 4 Dapil, diluar Dapil 2 Tondano yang pastinya akan menjadi Dapil penambah dikala terjadi kebakaran di luar Dapil Tondano.

Selain itu, dalam melaksanakan tugas berbagai kendala muncul seperti saat mendatangi lokasi kebakaran dimana mobil Damkar tidak diberi akses jalan yang luas oleh kendaraan lainnya. Begitu tiba dilokasi kebakaran, mobil Damkar kesulitan mendekati titik api oleh karena dihalau kendaraan dan jumlah massa yang hanya menenonton.

“Tenaga pemadam kebakaran saat ini berjumlah 50 orang dan kami lihat jumlah itu cukup. Yang harus diperhatikan adalah jumlah mobil Damkar yang harus ditambah dan kiranya dalam melakukan tugas pemadam kami diberi akses yang cukup agar kami secepat mungkin bisa memadamkan api, ” tukas Mamesah, sambil menambahkan bahwa, pihaknya berharap agar begitu terjadi kebakaran pejabat setempat secepatnya menghubungi Dinas Damkar Minahasa melalui nomor yang bisa di hubungi 0431-321 001. Kareba selama ini informasi kebakaran diterima agak terlambat, dan begitu kami sampai ke lokasi kami malah dicaci maki, dengan dalih mobil Damkar terlambat datang. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment