GAMKI Sulut Dukung Langkah Pemerintah Bubarkan HTI

Reporter : | 10 Mei, 2017 - 8:03 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulut Meydi Tinangon SSi M.Si mengatakan GAMKI sebagai bagian dari elemen bangsa menyikapi situasi kebangsaan terkini yang terjadi di Indonesia.

Menurutnya, GAMKI menilai komitmen ber-Indonesia sebagai negara yang dibangun dengan konsensus bersama sebagai negara yang majemuk atau pluralistik dari perspektif Suku, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA), mulai dikhianati oleh berbagai elemen bangsa dengan menonjolkan sikap intoleransi, radikalisme dan anti Pancasila. Karena itu, GAMKI Sulut berharap setiap elemen bangsa mengingat kembali komitmen ber-Indonesia dalam bingkai Pancasila sebagai perekat ke-Indonesiaan dengan semboyan bhineka tunggal ika.

Terkait keputusan pemerintah yang akan memproses hukum Pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), mendapat dukungan penuh dari GAMKI Sulut.

“Kami menilai langkah pemerintah tersebut adalah langkah tepat. Pemerintah harus menunjukan ketegasannya untuk mempertahankan tetap utuhnya Pancasila sebagai fondasi bernegara. Prinsip dan praktek bernegara yang bertentangan dengan nilai Pancasila haruslah ditentang dan diambil langkah tegas. GAMKI Sulut mendukung langkah tegas pemerintah untuk membubatkan HTI ,” ujar Tinangon.

Dikatakan Tinangon, pihaknya menilai dalam kehidupan berbangsa yang pluralistik tidak ada tempat bagi kelompok yang dengan dalih syiar agama hendak merubah tatanan berbangsa dengan memaksakan prinsip tatanan bernegara yang dianut agama atau kelompok tertentu.

“Indonesia adalah negera yang berdaulat. Negara yang sangat menghagai perbedaan serta kemajemukkan. Namun bukanlah negera dimana hidup sebuah asas yang hendak memecah-belah keutuhan negera kesatuan republik Indonesia. Tidak ada tempat bagi mereka sekecil pun di negeri ini untuk memaksakan keinginan mereka yang tidak sesuai dengan semangat dan nafas hidup serta cara pandang hidup masyarakat Indonesia ,” pungkas Tinangon. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment