Polres Tomohon Gelar Pasukan Operasi Patuh 2017

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Bertempat di halaman Mapolres Tomohon, Selasa (9/5/2017) dilaksanakan Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh 2017 dengan nama  ”Patuh Lokon 2017”.

Gelar Pasukan Patuh Lokon 2017 Polres Tomohon
Gelar Pasukan Patuh Lokon 2017 Polres Tomohon

Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak SIK selaku pemimpin Apel saat membacakan sambutan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Drs Royke Lumowa MM mengatakan bahwa keselamatan berlalulintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap Penting.

Dari data jumlah kecelakaan lalulintas Operasi Patuh tahun 2016 sebanyak 2.542 kejadian mengalami peningkatan 132 kejadian dibandingkan periode yang sama tahun 2015 sebanyak 2.410 kejadian.

“Secara umum dari hasil evaluasi tersebut, dominasi pelanggaran pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran surat-surat kendaraan, penggunaan safety belt dan pelanggaran terhadap rambu atau marka jalan,” ujar Kapolres seraya menambahkan operasi akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung sejak hari ini.

Untuk itu, melalui penyelenggaran operasi patuh ini, diharapkan akan tercapai beberapa tujuan seperti terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalulintas, turunnya angka kecelakaan, berkurangnya titik kemacetan serta terwujudnya situasi dan kondisi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran (Kamseltibcar) lantas yang mantap.

Wali Kota Tomohon, Ketua DPRD Tomohon, Kapolres Tomohon dan jajaran Forkopimda di Gelar Pasukan Patuh Lokon 2017
Wali Kota Tomohon, Ketua DPRD Tomohon, Kapolres Tomohon dan jajaran Forkopimda di Gelar Pasukan Patuh Lokon 2017

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan bahwa operasi patuh ini adalah aksi simpatik yang dilakukan oleh jajaran polisi dalam hal ini satuan lalu lintas untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan, dan tujuan utamanya untuk keselamatan pengendara kendaraan bermotor itu sendiri.

”Selaku pemerintah, saya berharap agar kesiapan-kesiapan dari seluruh stakeholder lalulintas baik dari pihak kepolisian, TNI dan Pemerintah Kota Tomohon untuk bisa bersinergi mendukung kesiapan Operasi Patuh Lokon tahun 2017 ini agar berlangsung sukses,” katanya.

Apel diikuti dari jajaran Polres, TNI, Dinas Perhubungan Kota Tomohon serta Pol PP.
Hadir dalam apel gelar pasukan ini dari unsur Forkopimda Kota Tomohon Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur, Dandim 1302 Minahasa diwakili Danramil Tomohon Kapten Inf Feky Welang, Kajari Tomohon diwakili Kepala Seksi Tindak Pidana Hukum Rani Saskia SH MH, Kabag Humas dan Protokol Christo P Kalumata SSTP serta seluruh Jajaran Polres Tomohon. (ark).