Sejahterakan Petani Dan Nelayan Mitra, Sumendap Dapat Pengakuan Presiden Jokowi

Reporter : | 08 Mei, 2017 - 2:02 pm WITA

tmp-cam-247411452BANDA ACEH, (manadotoday.co.id) – Keseriusan Bupati James Sumendap SH, membangun sektor pertanian dan mensejahterakan para petani dan nelayan di Kabupaten Minahasa Tenggara, mendapat pengakuan dari Presiden Joko Widodo, dengan memberikan penghargaan Satya Lencana Pembangunan bidang pertanian saat pembukaan Pekan Nasional (Penas) XV Tani dan Nelayan di Banda Aceh pada Sabtu (6/5/2017).

Penghargaan yang diberikan tersebut berdasarkan penilaian pemerintah pusat yang menganggap Sumendap telah memajukan dan membangun sektor pertanian di Minahasa Tenggara dengan berbagai program kebijakan serta pengalokasian anggaran yang memadai.

Sejumlah program yang dianggap telah berhasil dijalankan yakni pengembangan lahan-lahan pertanian untuk ditanami berbagai komoditi pangan dalam rangka mendukung program swasembada pangan di Minahasa Tenggara.

Berhasil melakukan budidaya Salak Pangu yang merupakan salah satu produk unggulan Minahasa Tenggara secara organik di lahan seluas 600 hektare, dan telah diproduksi berbagai macam produk turunannya.

Sumendap juga dianggap telah berhasil menyiapkan sarana pendukung, dengan membangun infrastruktur dasar pertanian yang merata di seluruh wilayah kecamatan, seperti pembangunan jalan usaha tani sepanjang 27 kilometer, pembuatan irigasi tersier dengan panjang 17 kilo meter.

Selain itu, untuk mendukung produksi pertanian, Sumendap berhasil memanfaatkan balai benih padi, menyiapkan sarana produksi pertanian bagi petani serta nelayan, dan alat sistem peranian bagi para kelompok tani.

Untuk menjamin hasil produksi dari para petani dan nelayan, salah satu program strategis yang telah dijalankan Sumendap yakni membangun pasar-pasar di beberapa kecamatan sebagai tempat menjual barang hasil produksi pertanian dan perikanan.

Sumendap pun mengakui penghargaan yang diberikan presiden tersebut secara khusus dipersembahkan kepada rakyat Minahasa Tenggara yang didalamnya adalah masyarakat Petani dan Nelayan.

Sumendap mengatakan ini semua atas berkat kekompakkan pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan roda pemerintahan dan ini membuahkan hasil yang sangat berarti.

Selain itu, menurutnya pihak Pemkab akan terus berupaya meningkatkan sektor pertanian yang telah menjadi andalan dari Minahasa Tenggara

“Pastinya dengan pengharggaan ini akan lebih memotivasi kita dalam meningkatkan program strategis dengan pengganggaran yang lebih maksimal untuk sektor pertanian, guna mewujudkan rakyat Minahasa Tenggara yang sejahtera,” tandasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment