Bupati Minahasa Hadiri Kegiatan Launching Aksi Bela Negara

tmp-cam-1918225180TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow M.Si menghadiri kegiatan Launching Aksi Bela Negara se-Indonesia 2017 yang dibuka oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Jenderal (Purn) TNI, Ryamizard Ryacudu pada Rabu (3/5/2017) bertempat di Grand Kawanua International City Manado.

Menhan Ryamizard memaparkan tujuan dari Aksi Bela Negara yakni untuk mematangkan semangat cinta tanah air. Selain itu, untuk menguatkan kesadaran bahwa ‘Aku anak Indonesia’, menumbuhkan semangat bela negara melalui sikap menjaga persatuan dan kesatuan anak bangsa dari lingkungan terkecil sampai pada kerangka NKRI.

Aksi Bela Negara tahun ini mengambil tema ‘Aku Indonesia’ dengan sub tema ‘Merajut Kebersamaan Demi Kokohnya NKRI’, tema ini menggambarkan semangat bangsa Indonesia yang satu dalam kebersamaan demi kokohnya NKRI.

Ryamizard menyebut kesadaran Bela Negara merupakan metode yang terbukti ampuh dan handal guna menangkal seluruh bentuk ancaman terhadap keutuhan dan integritas bangsa.

“Esensi bela negara dimaksudkan untuk mewujudkan warga negara yang memiliki kesadaran sikap dan prilaku yang menjunjung tinggi pentingnya aktualisasi nilai-nilai luhur bela negara yaitu bangga menjadi bangsa Indonesia, cinta tanah air dan berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai idenya negara dan rela berkorban untuk bangsa dan negara serta mempunyai kemampuan bela negara, ” ujar Menhan.

Menhan menyambut baik pembentukan pengurus pusat jaringan bela negara serta ikrar bela negara dan kerukunan umat beragama yang diawali di Provinsi, Sulawesi Utara. Dan kita akan sebarkan, memberi contoh kepada provinsi lain seperti Sulawesi Utara.

Dia juga mengapresiasi atas dicanangkannya setiap hari Selasa adalah hari bela negara diseluruh wilayah Sulut oleh Gubernur Sulut.

Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan menjaga tekad dan komitmen terus menanam nilai-nilai bela negara seperti cinta tanah air, ketahanan berbangsa dan bernegara, dan yakin pada pancasila sebagai ideologi negara akan memunculkan sikap kesetiaan berbakti dan berkorban membela negara yang merupakan modal pembangunan daerah dan bangsa tercinta.

Bupati Minahasa Drs Jantje Sajow saat dimintai tanggapan atas kegiatan ini mengatakan aksi bela negara merupakan komitmen setiap anak bangsa untuk menjaga dan mempertahankan negeri ini dari gangguan dari luar bahkan juga dalam negeri.

“Program ini sangat penting dan strategis, karenanya wajib bagi kita sebagai warga negera untuk peduli terhadap keselamatan dan wibawa sebagai negera yang merdeka dan berdaulat ,” ujar Bupati. (Rom)