Upacara Peringatan Hardiknas dan Otda ke-21 Pemkab Minsel Sukses

Reporter : | 02 Mei, 2017 - 8:43 pm WITA

tmp-cam--1208286438AMURANG, (manadotoday.co.id) – Upacara dalam rangka peringatan Hari Pendidikan dan Otonomi daerah ke 21 di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang dilaksanakan di lapangan kantor Bupati, Selasa (2/5/2017) berlangsung sukses.

received_1426252234064653Bupati Christiany Eugenia Paruntu, yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam sambutan sehubungan dengan peringatan hari otonomi daerah ke 21 tahun 2017 yang mengambil tema “Dengan semangat OTDA, kita tingkatkan kinerja pelayanan publik melalui e-Government”, menyampaikan beberapa hal penting yakni pelaksanaan Otda harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat, peningkatan kinerja pelayanan publik, integritas setiap aparatur pemerintah daerah dam peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis electronic-government, guna terwujudnya tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan bersih.

tmp-cam-1952797227“Peringatan Hari Otda merupakan momentum evaluasi peningkatan kinerja pelaksanaan otonomi daerah dan pelayanan publik di kabupaten Minsel,” katanya.

Sementara itu, dalam rangka peringatan Hardiknas tahun 2017 yang mengusung tema “Percepat Pendidikan Yang Merata Dan Berkualitas”, Bupati saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, mengingatkan tentang pentingnya reformasi Pendidikan, dan sosok pahlawan pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan prinsip dan gagasan yang masih relevan dan dapat dijadikan acuan dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, seperti) Panca Darma, yakni pandangan bahwa pendidikan harus berlandaskan pada lima dasar yakni kemerdekaan, kodrat alam, kebudayaan, kebudayaan, dan kemanusiaan, penyelenggaraan pendidikan yang berkelanjutan, terpadu, dan berakar serta proses pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

received_1426252567397953“Sistem kepemimpinan pendidikan di Indonesia dengan konsep “Laku Telu” Ki Hadjar Dewantara yakni “Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani” yang berarti di depan memberi teladan, di tengah memberi inspirasi dan di belakang memberi dorongan, hendaknya menjadi pegangan dan acuan sehingga anak didik memiliki karakter dan budi pekerti yang kuat,di era informasi dan teknologi saat ini,” kuncinya.

tmp-cam--380840976Diketahui pada upacara yang dihadiri oleh Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan, Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana SIK, MH, Ketua Pengadilan Amurang Rommel Fransiskus Tampubulon, SH, Wakil Ketua DPRD Frangky Lelengboto, ST, bersama para anggota DPRD, Sekretaris Daerah Drs Danny Rindengan MSi, Ketua PMI Minsel dr. Michaela Elsiana Paruntu M.ARS serta pejabat Ess. II, III dan IV beserta, Bupati Minsel menyerahkan trophy pemenang lomba dalam rangka Hardiknas tingkat SD dan SMP. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment