Sulut Tuan Rumah Maritime Security Desktop Exercise 2017

Reporter : | 30 Apr, 2017 - 7:13 pm WITA

bakamla ri

Wagub Sulut Steven Kandouw bersama Kepala Kamla Zona Maritim Tengah RI Bastomi Sanaf.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dibawa kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), kembali dipercayakan sebagai tuan rumah agenda internasional. Kali ini, Daerah Bumi Nyiur Melambai dipercayakan sebagai tuan rumah Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) 2017.

Kepala Kamla Zona Maritim Tengah, Brigjen Bastomi Sanaf dihadapan Wagub Kandouw, menjelaskan kegiatan dari Bakamla RI ini direncanakan akan dihadiri perwakilan coast guard dari 22 negara.

“Sesuai rencana perhelatan ini akan dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Manado, tanggal 8 sampai dengan 11 Mei 2017,” ujar Bastomi.

Negara-negara peserta kegiatan tahunan ini kata dia, antara lain Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Kamboja, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Hong Kong, India, Jepang, Laos, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Pakistan, Papua Nugini, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Thailand, Timor Leste dan Vietnam.

“Kegiatan MSDE 2017 merupakan inisiatif dari pemerintah Indonesia, yang diwakili oleh Bakamla RI dan pemerintah Australia, yang diwakili oleh ABF. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman regional terhadap penerapan hukum laut internasional melalui kegiatan MSDE,” terang Bastomi, sembari menyebutkan penyelenggaraan yang kedelapan kalinya ini, akan mengedepankan pembahasan mengenai penyebaran narkoba melalui jalur laut.

Lanjut Bastomi, terkait dengan penyebaran narkoba melalui jalur laut, modus operandi yang dilakukan semakin berkembang dan dilakukan dengan sangat halus sehingga perdangan narkoba tersebut kasat mata. Oleh karena itu, dalam rangka penyelenggaraan MSDE 2017 inilah, Bakamla RI dan ABF memformulasikan kiat-kiat pencegahan dan penanggulangan tindak perdagangan narkoba di laut.

“Tidak hanya kegiatan table top discussion, kegiatan latihan basah juga akan dilakukan sebagai bentuk penerapan skenario yang dibahas dalam diskusi. Kegiatan latihan basah rencananya akan dilaksanakan di perairan Bitung,” jelasnya.

Wagub Steven Kandouw, menyambut baik kegiatan MSDE di Sulut. Dikatakannya, Pemprov Sulut akan mendukung penuh kegiatan ini.

“Kegiatan ini tentu memberi dampak positif bagi daerah Sulawesi Utara secara khusus dan Indonesia secara luas. Kegiatan ini harus sukses,” ujar Kandouw.

Bakamla RI dalam melaksanakan tupoksinya sebagai penjaga lautan nusantara, terus mengembangkan kemampuan dan mengikuti dinamika yang terjadi di lapangan. Tidak terkecuali dengan tindak kriminalitas yang terus berkembang dan terjadi di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Setelah 7 tahun dilaksanakannya MSDE, terdapat peningkatan terhadap pemahaman hukum laut internasional secara regional. Hal ini dapat dilihat dari pencegahan secara regional dan aktivitas penegakan hukum di laut yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Hal ini juga dibuktikan dengan terjalinnya kerjasama yang kuat antar penegak hukum laut di kawasan.

Rencana pada tanggal 8 Mei akan dilaksanakaan gala diner dengan  Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw beserta pejabat di lingkup pemprov sulut

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Biro Umum  Pemprov Sulut Clay Dondokambey. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment