Diskominfo Tomohon Ikut Bimtek Peningkatan Kompetensi Pengelola Media Center

Reporter : | 28 Apr, 2017 - 12:18 am WITA

Kabid Pinglan Assa bersama peserta Bimtek lainnya

Kabid Pinglan Assa bersama peserta Bimtek lainnya

MATARAM, (manadotoday.co.id)—Memperkuat pengelolaan media center, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tomohon selang 26-28 April 2017 mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Petugas Pengelola Media Center yang dilaksanakan di Hotel Santika Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI Direktorat Pengelolaan Media Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik tersebut mengambil Tema “Jurnalisme Online”, dengan peserta bersifat terbatas dari Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah, khususnya Daerah yang pernah mendapat Bantuan Hibah Media Center oleh Kemenkominfo RI.

Selain itu, daerah yang aktif di Info Publik dan Kota Tomohon jadi salah satu di antaranya. Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi NTB Tri Budiprayitno.

Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa media center dapat difungsikan untuk diseminasi, sharing dan pelayanan informasi yang baik bagi publik.

Kegiatan dihadiri Direktur Pengelolaan Media Publik Ditjen IKP Kemenkominfo Drs Sunaryo MM didampingi Kasubdit Media Online Dra Nurlaili MSi.

Tujuan Bimtek ini sesuai laporan Kepala Sub Direktorat Media Online yaitu meningkatkan pemahaman pengelola media center daerah tentang tugas dan fungsi media center, meningkatkan kemampuan menulis berita dan foto untuk media online sesuai dengan kaidah jurnalisme online serta meningkatkan kualitas dan kuantitas kontribusi berita dan foto pada website infopublik.

Narasumber dari Bimtek berasal dari Kemenkominfo Direktorat Pengelolaan Media Publik tentang evaluasi dan pengisian berita di info publik oleh Choirul dan Toebari secara panel dan dari Media Indonesia tentang Cara membuat berita yang baik “Jurnalisme Online”, Foto jurnalistik dan penulisan teks visual oleh Viktor JP Nababan, Hariyanto dan Saban Sinaga.

“Bimtek ini menjadi wadah penguatan pengelola dan pemanfaatan Media Center di daerah untuk dapat memberitakan/mengabarkan daerahnya secara holistik tapi juga menjadi wadah informasi nasional tentang kegiatan, program dan diseminasi informasi daerah di seluruh Indonesia,” ungkap Kepala Bidang Pelayanan Publik Hubungan Media dan Statistik Diskominfo Tomohon Pingkan S Assa SSTP  MAP yang mewakili Diskominfo Kota Tomohon.

Ditambahkannya, yang menarik di Diskominfo dan Statistik Provinsi  NTB adalah tentang Portal Kampung Media yang menjadi diseminasi informasi dari rakyat dan untuk rakyat, yang dikembangkan dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Provinsi NTB.

Turut mendampingi Assa, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi, Media Komunikasi dan Statistik Syenny N Mait SE dan Kasubag Keuangan dan Pelaporan Meilani Ulfah ST. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment