Perkuat IKM di Sulut, Disperindag Gelar Bimtek Fasilitator

Reporter : | 20 Apr, 2017 - 8:24 pm WITA

Abdullah Mokoginta

Abdullah Mokoginta (foto: Facebook)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Untuk menciptakan Industri Kecil Menengah (IKM) yang tangguh dang mandiri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara (Sulut), menggelar Bimbingan Teknis Fasilitator Gugus Kendali Mutu (GKM) Industri Kecil Menengah mulai tanggal 20-22 April 2017, di Hotel Aryaduta, Manado.

Acara yang dihadiri fasilitator IKM se-propinsi Sulut itu, dibuka secara resmi oleh Kadis Disperindag Sulut yang diwakili Sekretaris Abdullah Mokoginta SH, Msi, hari ini Kamis, (20/4/2017).

Mokoginta mengatakan IKM sangat strategis dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja. Hal dibuktikan tiap tahun terjadi peningkatan unit usaha IKM yang ikut menyerap tenaga kerja.

Oleh sebab itu pemerintah terus berupaya agar IKM dapat terus meningkatkan produktivitas dan mutu agar bisa bersaing di pasar International.

Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah lanjutnya, dengan menggelar Bimbingan Teknis bagi para fasilitator di seluruh kabupaten/kota di Sulut.

Kabid Fasilitasi Pengembangan IKM Sulut Alwy Pontoh SH, Msi, mengatakan para fasilitator ini nantinya membina IKM di wilayahnya masing-masing dan membentuk Gugus Kendali Mutu (GKM) di masing-masing perusahaan agar produktivitas dan mutu produk bisa bersaing di pasaran.

Dalam Bimtek ini menghadirkan langsung instruktur dari pusat yakni, Rudy Kalumata, dari Kementerian Perindustrian serta Bertje Pumarouw dan Arie Pulukadang.

Baca Juga :

Leave a comment