Implementasikan 100 Smart City, Kemenkominfo Undang Kota Tomohon

Reporter : | 20 Apr, 2017 - 10:04 am WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Kemendagri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian PAN-RB, Kantor Staf Presiden dan Kompas Gramedia menggelar Program Gerakan  100 Smart City, termasuk Kota Tomohon di  dalamnya.

Kadis Kominfo Kota Tomohon Hengkie Y Supit SIP

Kadis Kominfo Kota Tomohon Hengkie Y Supit SIP

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tomohon Hengkie Y Supit SIP mengungkapkan, ini mengacu pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika.

”Untuk fungsi Perangkat Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika yaitu menyelenggarakan Sistem Informasi Smart City. Kota Tomohon termasuk di 100 kota yang masuk dalam program.

Gerakan ini lanjut Supit, merupakan program yang ditujukan untuk memaksimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam ekosistem Smart City.

Program dimaksud akan diselenggarakan secara bertahap dari tahun 2017 hingga tahun 2019 yang diharapkan adanya 100 Kota/Kabupaten yang dapat dijadikan teladan (role model) dalam mengimplementasikan Program Smart City.

”Kota Tomohon terundang di tahun 2017 dalam 100 Kota dan Kabupaten yang akan dinilai untuk memilih 25 Kota dan Kabupaten pada tahap pertama Ini,” jelas Supit.

Kota Tomohon terundang melalui Surat Undangan Kemenkominfo Nomor S.204/KOMINFO/DJA/AI.01.05/04/2017 tentang Undangan Mengikuti Program Penilaian (Assesment) Dalam Rangka Program Gerakan Menuju 100 Smart City.

Sejalan dengan itu Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kominfo telah memprogramkan dalam Renstra 2017-2021 Diskominfo yang mengacu pada program prioritas Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2016-2021 yaitu pelaksanaan e-Government menuju Smart City Services.

“Tahun ini kita membangun infrastruktur TIK dan akselerasi pelaksanaan e-Government dan meletakkan dasar menuju pelaksanaan Smart City Service 2018,” tukasnya.

Untuk pelaksanaan Assement ini tambah  Kabid e-Government Dinas Kominfo Kota Tomohon Klaudius Kalesaran SH, direncanakan pada 2-3 Mei 2017 di Pustiknas Tangerang Selatan. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment