PAUD Minahasa Kecipratan Bantuan Rp375 Juta

Reporter : | 18 Apr, 2017 - 7:11 pm WITA

Bupati JWS Sambut Baik Sosialisasi PAUD di Minahasa oleh Kementrian Pendidikan

tmp-cam-1408541906TONDANO. (manadotoday.co.id) – Bertempat di balai pertemuan umum (BPU) Tondano, dinas pendidikan kabupaten Minahasa menggelar sosialisasi penuntasan ikut pendidikan anak usia dini (PAUD) satu tahun pra SD yang disponsori Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI bersama tim pada Selasa 18 April 2017.

Kegiatan diawali laporan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Drs Arody A. Tangkere. MAP, dimana pemerintah kabupaten Minahasa memiliki program dalam bidang pendidikan, untuk mencapai program pendidikan yang berkualitas tanpa memandang gender dan untuk meningkatkan kualitas, akhlak, budi pekerti, disiplin. Jumlah TK 205 dan total PAUD di Minahasa 371 sekolah, jumlah siswa PAUD se kabupaten Minahasa 7.140.

Sambutan Bupati Minahasa disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH, MH, mengucapkan terimakasih karena telah memilih Kabupaten Minahasa sebagai tempat pelaksanaan, karena tidak semua kabupaten terpilih untuk pelaksanaan sosialisasi ini.

“Mari kita manfaatkan sebaik-baiknya acara ini agar berguna bagi anak-anak kita kedepannya bagi bangsa dan negara lebih khusus di Minahasa ,” ujar Sekda mengutip pernyataan Bupati.

Sedangkan ketua TP PKK selaku Bunda Paud Kabupaten Minahasa DR. Olga Sajow Singkoh, M.Hum yang terpilih sebagai pemateri, mengatakan Minahasa menjadi salah satu tempat yang dikunjungi oleh tim pembinaan PAUD Kementerian Pendidikan RI. Kegiatan ini dilaksanakan karena anak anak yang ikut PAUD dan TK sudah cukup banyak, namun masih ada daerah- daerah yang belum tersentuh dan perlu mendapatkan perhatian.

“Anak-anak harus dipersiapkan dan pendidikan merupakan hal yang penting juga dengan pendampingan. Anak-anak dibantu untuk bersosialisasi dengan teman. Mulai dari desa dan kelurahan untuk sosialisasi penuntasan ikut PAUD satu tahun pra SD ,” urai Singkoh.

Sedangkan Direktur Pembinaan PAUD R. Ella Yulaelawati R. M. A. PhD bersama tim Kementerian Pendidikan RI saat mensosialisasi Investasi PAUD dan Pentingnya Penuntasan PAUD satu tahun pra SD, menjelaskan camat memiliki peranan penting dan Kepala Desa / Hukum Tua dalam pengelolaan dana desa untuk PAUD agar dapat diarahkan.

Acara ini dilaksanakan untuk PAUD berkualitas di Kabupaten Minahasa dan di Sulawesi Utara baru Minahasa yang menerima sosialisasi.

“Kita bersama-sama kawal untuk tahun 2018 agar dananya tidak anjlok lagi karena salah penginputan data,” ucapnya.

Usia 0 sampai 5 tahun adalah usia perkembangan emas kemampuan menyerap informasi sangat tinggi dan akan membekas di ingatan mereka. Oleh karena itu kita harus memberikan stimulasi yang baik karena dampak yang buruk sejak kecil akan berdampak dikemudian hari pada tumbuh kembang anak.

Usai sosialisasi, digelar pencanangan penuntasan ikut PAUD satu tahun pra SD oleh Bupati Minahasa diwakili oleh Sekretaris daerah bersama dengan Direktur Pembinaan PAUD, sekaligus penyerahan secara simbolis bantuan program dari direktorat pembinaan PAUD dari Direktur pembinaan PAUD kepada Bunda PAUD Minahasa didampingi Sekda dan Kadis Pendidikan sebesar Rp. 375.000.000,- kemudian dilanjutkan Penandatanganan komitmen penuntasan ikut PAUD satu tahun pra SD oleh para camat yang merupakan bunda dan yanda PAUD Kecamatan disaksikan oleh Sekda kab Minahasa, Direktur Pembinaan PAUD dan Ketua TP PKK selaku Bunda Paud sekabupaten Minahasa.

Peserta para Camat, Kepala Sekolah, Bunda, Yanda PAUD dan guru-guru tk seKabupaten Minahasa dan undangan. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment