Mantiri Usulkan Kurikulum Kewirausahaan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat

Reporter : | 13 Apr, 2017 - 8:19 pm WITA

tmp-cam--1904764026BITUNG, (manadotoday.co.id) – Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri, mengusulkan perlu diadakannya kurikulum kewirausahaan, bagi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat, sehingga selain memilki pemahaman tentang pengelolaan dan proses produksi, juga dibekali kemampuan untuk berwirausaha, yang mampu memasarkan hasil produksi yang berkualitas.

“Sehingga memberi dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi suatu daerah,” jelas Mantiri saat sambutannya pada kegiatan visitasi akreditasi program studi S-1 teknologi hasil perikanan, di ruang pertemuan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat Manado, belim lama ini.

Sementara terkait kegiatan tersebut, Mantiri yang juga Ketua Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan masukan maupun ide serta pendapat dari para alumni, sehingga lewat masukan tersebut akan ada kurikulum baru yang nantinya menyesuaikan dengan keberadaan sektor ini pada era sekarang ini.

“Sehingga mampu memberi pengetahuan yang lebih efisien kepada mahasiswa di jurusan ini dan boleh menghasilkan alumni yang berkualitas sesuai dengan tuntutan persaingan dunia industri perikanan sekarang,” jelas Mantiri.

Dirinya pun menjelaskan tentang berbagai kendala yang selama ini sering terjadi dan harus sesegera mungkin dicarikan solusi atau jalan keluarnya antara lain, keterbatasan alat bantu atau penerapan teknologi yang masih minim, sehingga memberikan dampak keterbatasan ilmu dan pengetahuan bagi para mahasiswa.

Disamping itu, dirinya pun mengingatkan bahwa Alumni harus menjaga etika dengan berpedoman pada aturan yang berlaku, sehingga ada tiga komponen penting yang harus dimiliki para alumni nantinya adalah knowledge, skill dan attitudre.

“Ketiga hal ini harus digabungkan untuk memperoleh hasil yang maksimal, namun untuk menggabungkannya bukanlah hal yang mudah, perlu adanya program studi yang berfungsi memaksimalkan penerapan ketiga hal tersebut,” paparnya.

Adapun tindak lanjut yang sudah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung dalam rangka pengembangan di bidang tersebut menurut Mantiri, adalah kerja sama antara Pemkot Bitung dan Bank Indonesia serta pihak Unsrat dalam pengolahan ikan asap dimana saat ini masih dilakukan sebatas hanya pada Kota Bitung saja.

Kegiatan tersebut dihadiri Dekan Fakultas dan Ilmu Kelautan, para dosen terkait, serta instansi terkait lainnya.

Bertindak sebagai asesor dalam kegiatan ini, Dr Widanarni dari IPB dan Dr Ir Hilal Anshary MSc dari UNHAS).(kys)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.