18 Anggota JIPS Ikuti Uji Kompetensi Wartawan

Reporter : | 13 Apr, 2017 - 12:12 am WITA

Uji Kompetensi Wartawan

Pelaksanaan UKW yang digelar Dewans Pers dan PWI Sulut bekerjasama dengan JIPS.

MANADO, (manadotoday.co.id) – Sebanyak 18 wartawan yang tergabung dalam Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS), mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut selama dua hari (Selasa 11/04/2017 – Rabu 12/04/2017).

UKW angkatan ke-14 yang digelar PWI Sulut ini, dilaksanakan di ruag F.J. Tumbelaka kantor gubernur Sulut.

Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan UKW tersebut.

“UKW baik untuk akreditasi bagi seorang jurnalis. Apalagi, wartawan yang meliput kegiatan Pemprov Sulut,” ucap OD-SK saat sejumlah anggota JIPS melaporkan adanya kegiatan ini.

Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan usai pelaksanaan UKW, mengatakan, UKW ini penting untuk seorang jurnalis. Salah satunya untuk menghindari seseorang mengaku wartawan tapi tidak bisa menulis.

“Kedepan, akan diberlakukan wartawan tidak hanya ditanyai perihal identitas, namun sudah mengacu pada kompetensi melalui kartu kompetensi yang telah dimiliki. Nantinya akan diimbau nara sumber berhak tidak menerima diwawancarai jika wartawan itu belum memiliki sertifikat kompeten,” ucapnya.

Wartawan harian Media Indonesia menambahkan, UKW merupakan program regulator dari Dewan Pers yang telah dapat rekomendasi.

“Jadi penguji ini sudah terakreditasi untuk mengadakan UKW,” terang Lontaan, sembari mengucapkan banyak terima kasih kepada para penguji yang telah melakukan pengujian pada angkatan ke-14.

Diketahui UKW yang dilaksanakan JIPS bekerjasama dengan PWI Sulut diikuti 18 wartawan yang biasa meliput di Kantor Gubernur Sulut dan akhirnya dinyatakan lulus 100 persen oleh tim Penguji Dewan Pers diantaranya Fathurrahman dan Ainur Rohim, serta Uyun Achadiyat. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment