Tanpa Alat Berat, Warga Kumelembuai Atas Gotong Royong Bersihkan Longsor

Reporter : | 11 Apr, 2017 - 11:52 am WITA

tmp-cam--1582876841KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Semangat Gotong Royong, sebagai salah satu kearifan lokal, hingga saat ini masih kental dengan masyarakat Kumelembuai.

Hal ini dapat dilihat saat, ratusan masyarakat Kumelembuai Atas, tanpa menunggu alat berat milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) bersama-sama membersihkan timbunan tanah akibat longsor yang menutupi ruas jalan Desa Kumelembuai dan Malola, Selasa (11/4/2017).

“Ini adalah bentuk kepedulian kami masyarakat, apalagi akses jalan Kumelembuai-Malola, sangat fital dan penting dalam menunjang aktfitas warga di kedua Desa tersebut serta warga lainnya yang melalui ruas jalan ini,” ujar Hendra Langkai dan Michael Mintalangi, saat melakukan kerja bakti di ruas jalan tersebut.

tmp-cam-1610319678Disisi lain, keduanya menyoroti kinerja Pemkab Minsel, yang tidak tanggap dan terkesan cuek terhadap situasi dan bencana yang terjadi akibat cuaca ekstrim.

“Harusnya Pemkab Minsel dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana cepat merespon, bencana yang terjadi, tanpa menunggu lama kemudian melakukan pembersihan. Padahal setahu kami ada alat berat yang disediakan Pemkab Minsel untuk membersihkan material akibat longsor. Seperti ini longsor terjadi sejak Sabtu akhir pecan lalu, tapi nanti dibersihkan masyarakat. Padahal ruas jalan ini, sangat fital,” kata keduanya.

tmp-cam-50675577Sementara Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu, menyatakan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah dan masyarakart Desa Kumelembuai dibawah kepimpinan Ibu Kuntua Lilly Langkay Lapian, perangkat Desa, serta Pimpinan Golongan Gereja yang terlibat langsung melakukan kerja bhakti membersikan jalan akses Kumelembuai – Malola yang tertimbun longsor.

“Terima kasih atas peran dan kepedulian pemerintah , masyarakat serta pimpinan golongan agama Desa Kumelembuai Atas, ang telah melakukan pembersihan. Dengan harapan budaya gotong royong dan kebersamaan akan terus dipertahankan guna kemajuan pembangunan di Kabupaten Minsel, lebih khsusu di Desa Kumelembuai Raya,” tukasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.