Gelar Seminar Budaya, Sumendap: Budaya Minahasa Tenggara Harus Dilestarikan

Reporter : | 11 Apr, 2017 - 9:56 am WITA

tmp-cam--1396102697RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar seminar Budaya Minahasa Tenggara bertempat di Grand Garden Ratahan pada Senin (10/4/2817).

Seminar tersebut mengambil tema “MENAPAKI ADAT DAN BUDAYA MINAHASA TENGGARA”

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Desten Katiandago SH mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan seminar budaya ini menghadirkan tokoh masyarakat dan tokoh adat baik Tonsawang, Pasan maupun Ponosakan.

“Tujuan seminar ini dilakukan agar masyarakat dapat memahami dan lebih mengenal adat dan budaya di Mitra, untuk itu seminar tersebut akan menjadi agenda tahunan agar kita dapat melestarikan Budaya Mitra,” ujar Katiandago.

Sementara Bupati James Sumendap dalam sambutannya mengatakan, Seminar Budaya jangan hanya sekedar seremonial, tetapi dapat menjadi momentum memurnikan pemahaman tentang budaya Mitra sekaligus menggali potensi-potensi budaya yang ada di Mitra.

tmp-cam-67804720“Pelestarian Budaya sangat penting, karena itu adalah jati diri orang Mitra, budaya juga akan mendorong majunya pembangunan daerah,” kata Sumendap.

Diharapkan Sumendap, Seminar ini dapat menjadi tonggak awal dalam pelestarian adat budaya Mitra agar tidak hilang oleh modernisasi.

“Budaya tidak boleh hilang, untuk itu seminar tersebut menggali akan Budaya yang saat ini hampir punah, dan melestarikannya agar masyrakat dapat mengetahui nilai-nilai budaya yang telah terpinggirkan,”tandas Sumendap.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment