Pemkot Tomohon Rumuskan RKPD 2018

Mercure 2TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon merumuskan Rencana Kerja Pemerintah daerah (RKPD) tahun 2018 melalui Aplikasi e-Planing dengan menggelar rapat bertempat di Hotel Mercure Tateli Kabupaten Minahasa Jumat (7/4/2018)

Kepala Badan  Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon Ir Ervinz DH Liuw MSi mengatakan, kegiatan ini merupakan tahapan pematangan rancangan RKPD Kota Tomohon Tahun 2018.

‘’Dalam perumusan ini tentunya ada hal-hal yang perlu diselaraskan dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah. Secara spesifik rencana daerah termuat dalam RPJMD 2021 dan RKPD ini nantinya berproses dengan dibuat Perwako selanjutnya direview oleh unsur Inspektorat dan dimasukkan di Bappeda Provinsi,’’ kata Liuw.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak di Rapat Perumusan RKPD 2018 Kota Tomohon
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak di Rapat Perumusan RKPD 2018 Kota Tomohon

RKPD tambahnya, menjadi dasar dalam setiap APBD, artinya RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan tahunan yang disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD). Kegiatan itu sendiri berlangsung 7-9 April 2017.

Pada rapat tersebut, setiap perangkat daerah mempresentasikan segala program perumusan.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengharapkan dalam perumusan RKPD mengedepankan sinergitas antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi serta pemerintah pusat.

Semua program perangkat daerah harus disampaikan, karena dengan dipresentasikannya program-program, akan diketahui dan dalam perumusan nanti program yang penting akan dimasukkan dalam perumusan rancangan RKPD.

“Pada intinya semua program unggulan dan inovasi dari perangkat daerah yang dirumuskan dalam RKPD akan berdampak pada kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon,’’ ucap Eman.

Peserta Rapat Perumusan RKPD 2018 Tomohon di Hotel Mercure
Peserta Rapat Perumusan RKPD 2018 Tomohon di Hotel Mercure

Prioritas pembangunan daerah Kota Tomohon Tahun 2018 secara umum tidak berbeda dengan prioritas sebelumnya, karena Pemkot Tomohon tetap fokus pada tujuh prioritas pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD Tahun 2016 – 2021 dan program EMAS.

Tujuh prioritas pembangunan daerah Kota Tomohon yakni kemandirian ekonomi dan daya saing. Kedua,  penanggulangan kemiskinan, pengangguran, permasalahan sosial dan penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

Ketiga, pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup. Keempat, penanggulangan bencana dan penataan ruang.

Kelima,  pariwisata dan budaya. Keenam, pembangunan infrastruktur, serta terakhir kualitas birokrasi dan tata kelola kualitas SDM.

Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold Viktor Lolowang MSc mewakili Wali Kota Tomohon saat membuka kegiatan mengatakan, ini merupakan penyelarasan substansi antar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon Tahun 2016 – 2021 dan program prioritas pembangunan tahun 2018 dengan usulan program kegiatan perangkat daerah sesuai hasil Musrenbang melalui hasil aplikasi e-planing.

Hadir dalam rapat para asisten, para perangkat daerah, Kepala BUMD serta perwakilan staf pelaksana di tiap perangkat daerah.

Kegiatan rapat perumusan yang berlangsung selama dua hari tersebut dihadiri juga Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan.

Di samping melaksanakan rapat, melalui panitia melakukan berbagai agenda seperti gala diner serta kegiatan kebersamaan atau keakraban Jajaran Pemkot Tomohon. (ark)