Buka Musrembang Daerah, Sumendap Minta Peran Semua Elemen Mitra Susun RKPD

Reporter : | 07 Apr, 2017 - 11:13 pm WITA

tmp-cam-800730878RATAHAN, (manadotoday.co.id)  – Bertempat di objek Wisata Lamet pada Jumat (7/4/2017), Bupati James Sumendap, SH membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 kabupaten Minahasa Tenggara.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mitra, melalui Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Damly Aruperes, dalam laporannya melaporkan, Tema RKPD tahun 2018 adalah ‘melanjutkan dan memantapkan program-program pembangunan daerah yang berkualitas dan berkeadilan guna terwujudnya masyarakat minahasa tenggara yang jelas sejahtera’.

“Tujuan pelaksanaan ini untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten Mitra dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan provinsi Sulawesi Utara. Mengklarifikasi program dan kegiatan prioritas yang telah disampaikan masyarakat pada musrembang kecamatan, mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah serta menyepakati prioritas pembangunan daerah,”ungkap Aruperes.

Sementara Bupati James Sumendap SH, dalam sambutannya, mengatakan musrembang ini dalam rangka meningkatkan peran serta semua elemen di Mitra dalam penyusunan program-program pemerintah kedepan.
RKPD Tahun 2018, mempunyai peran yang sangat strategis, mengingat secara substansial merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah yang telah ditetapkan dalam RPJMD, maka pemerintahan daerah wajib melaksanakan program/kegiatan pemerintah yang ditetapkan dalam RKPD.

“Jadi Musrembang ini dalam rangka penyusunan kebijakan makro dimana program-program yang nantinya dijabarkan dalam kebijakan mikro dimana ada urusan wajib dan urusan lainya, “ucap Sumendap.

Menurutnya, musrembang ini merupakan tahun terakhir dalam pelaksanaannya dimana pertanggung jawaban penyelenggaraan pemerintah daerah sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

“Nantinya semua eleman Masyrakat dapat memberikan usulan pada penyusunan program yang akan dijalankan oleh Pemerintah Daerah pada tahun 2018 nanti,” tandas Sumendap.

Turut hadir pada Musrembang tersebut, pimpinan dan anggota DPRD, Forum koordinasi pimpinan daerah, staf khusus bupati, sekda,para asisten, perangkat daerah provinsi Sulawesi Utara, instansi vertikal, perangkat daerah kabupaten Mitra, para camat serta delegasi 12 kecamatan, kepala bagian, tokoh agama, Forum Anak Daerah, Forum kabupaten Sehat perangkat daerah,LSM dan organisasi profesi. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment