Wabup Ivansa Minta Dinas Kesehatan Antisipasi Musim Pancaroba

Reporter : | 04 Apr, 2017 - 8:26 pm WITA

Ivan Sarundajang

Ivan Sarundajang

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Wakil Bupati (Wabup) Ivan SJ Sarudajang (Ivansa) mengatakan saat musim Pancaroba, terkadang hujan, terkadang panas. Cuaca yang tak menentu ini tentu berimplikasi negatif bagi kesehatan masyarakat.

Dalam dunia medis, musim Pancaroba dikenal dengan musim panen penyakit, karena itu wajib untuk diantisipasi.

Beberapa waktu lalu, sebagian wilayah Minahasa terkena banjir. Banjir dan pasca banjir merupakan objek potensial penyebaran virus dan penyakit.

Dikatakan Bupati,ada laporan masyarakatcbahwa pasca banjir belum ada langkah antisipatif dari dinas kesehatan Minahasa, terutama bagi wilayah-wilayah yang terkena Banjir.

“Kadis kesehatan wajib peka dan proaktif terhadap kondisi pancaroba dan pasca banjir. Kadis kesehatan wajib lakukan upaya preventif ,” ujar Ivansa.

Lanjutnya, dinas terkait harus berkoordinasi untuk mencegah potensi-potensi mewabahnya serangan penyakit yang dipicu kondisi Pancaroba, terutama setelah beberapa wilayah terkena banjir beberapa waktu lalu.

Menurutnya, salah satu upaya diantaranya dengan melakukan penyuluhan demi meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan, bagaimana mencegah penyakit serta mengajak masyarakat untuk membiasakan diri melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Saya menghimbau masyarakat memperhatikan kesehatan. Biasakan pola hidup bersih dan sehat. Perhatikan kebersihan lingkungan rumah masing-masing. Pastikan disekitaran rumah tidak ada genangan-genangan air. Tidak ada salahnya mengaktifkan kembali 3 M (Menguras, Menutup, mengubur) titik-titik genangan air. Bersihkan tempat-tempat tersembunyi seperti di bawah kursi, dispenser, dan tempat-tempat tersembunyi lainnya yang berpotensi dijadikan tempat berkembang biak nyamuk,” paparnya Sabtu (01/04/2017). (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment