Pilot Project di Indonesia, Gedung Jaksa Masuk Sekolah di Tomohon Diresmikan

Reporter : | 04 Apr, 2017 - 7:46 pm WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Terobosan baru dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon dengan Pemerintah Kota Tomohon. Selasa (4/4/2017) gedung Jaksa Masuk Sekolah (JMS) EMAS yang terletak di kompleks kantor Kejari Tomohon diresmikan.

Pengguntingan pita peresmian gedung JMS EMAS

Pengguntingan pita peresmian gedung JMS EMAS

Gedung yang menjadi pilot project karena yang pertama di Indonesia tersebut diresmikan dengan ditandai penandatanganan prasasti Oleh Waki Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dan pengguntingan pita oleh Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan. Selain Gedung JMS EMAS, diresmikan juga Ruang Ikatan Adhyaksa Dharmakarini.

Dalam laporannya, Kajari Tomohon Muhammad Noor HK SH MH mengatakan. Ini dibangun untuk menyukseskan  program JMS  sesuai Instruksi Kejagung dengan diadakan launching pada tahun 2016 silam di Auditorium Bukit Inspirasi.

Menindaklanjuti hal tersebut diadakan pembangunan gedung JMS EMAS dalam rangka memperkuat karakter siswa-siswi untuk dapat sadar hukum.

”Gedung ini dibangun agar kegiatan JMS lebih efesien dengan pengenalan hukum, mudah dan tepat waktu untuk penyuluhan dan sebagai gedung serba guna diperuntukkan seluruh lapisan masyarakat Kota Tomohon,” kata Kajari.

Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan, manusia yang terdidik dan berkarakter adalah kunci keberhasilan bangsa. ”Tugas bersama bagi kita samua untuk memastikan bahwa setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu,” ujarnya.

Pendidikan yang bermutu lanjutnya, perlu disertai dengan karakter kebangsaan yang kokoh. Salah satu hal yang mampu memperkokoh karakter kebangsaan kita yaitu melalui kesadaran dan ketaatan pada hukum dan peraturan yang berlaku. Untuk diketahui Kota Tomohon memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Sulawesi Utara tahun 2016.

Penandatanganan Prasasti peresmian gedung JMS EMAS

Penandatanganan Prasasti peresmian gedung JMS EMAS

”Abad 21 menuntut anak-anak Indonesia menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan terstruktur. Realita dunia modern yang semakin memberi daya tarik pergaulan yang glamour mengharuskan kita memberikan pemahaman dan pendidikan yang membuka cakrawala berpikir generasi muda dengan melakukan hal-hal baik,” tukas Eman.

Sementara itu Kepala Kejaksaan tinggi Sulawesi Utara Mangihut Sinaga SH MH dalam sambutannya mengatakan, untuk pertama kalinya se-Indonesia  diadakan pembangunan gedung JMS,  Kota Tomohon menjadi pilot project gedung JMS. JMS diterapkan oleh Jaksa Agung tahun 2015 sebelumnya diinisiasi program Kantin Kejujuran tahun 2008 guna menciptakan generasi anti korupsi. Melalui pembangunan ini kiranya dapat mengawal generasi muda untuk menjadi pemimpin bangsa ke depan.

Hadir pada peresmian tersebit Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak SIK, Kajari Minahasa Saptana Setiabudi SH MH, Nyonya Darmawati Noor, jajaran Kejati Sulut, jajaran Kejari Tomohon, jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Ibu-ibu Adhiyaksa Dharmakarini dan siswa-siswa SMA, SMP, SD Kota Tomohon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.