Wagub Kandouw akan Berangkat ke Denmark Bahas Pengelolaan Sampah

Reporter : | 31 Mar, 2017 - 3:27 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw, akan berangkat ke Denmark, Sabtu (1/4/2017) besok, untuk membahas rencana pengelolaan sampah regional di Sulut.

steven kandouw

Wagub Kandouw akan Berangkat ke Denmark Bahas Pengelolaan Sampah

Dijelaskan Kandouw, persoalan pengelolaan sampah di Sulut dan khususnya di Kota Manado, telah menjadi masalah tersendiri. Apalagi Sulut sedang giat-giatnya menggaungkan sebagai daerah Religi, Sport dan Tourism.
“Kami (Pemprov Sulut,red) terus berupaya menggandeng sejumlah Negara sahabat untuk ikut menangani masalah pengelolaan sampah,” ujar Kandouw.
Terkait kunjungan ke Denmark ungkap Kandouw, untuk memenuhi undangan Negara Denmark, dan menindaklanjuti rencana pengelolaan sampah regional yang akan dilaksanakan di Sulut, termasuk sejumlah rencana kerjasama di berbagai sektor.
“Rencana kerjasama diantara Religi, Sport, Tourism dan terutama pengelolaan persampahan,” terangnya.
Kandouw menambahkan, Denmark berniat membantu Pemprov Sulut dalam penanganan pengelolaan sampah, termasuk pendanaan operasional. Oleh karena itu, nanti akan dilihat apakah termasuk pengelolaan daur ulang sampah atau pemusnahan sampah. Yang pasti, rencana kerjasama ini akan sangat menguntungkan Pemprov Sulut.
Seperti diketahui, sebelumnya telah dilaksanakan penandatanganan nota kesepakatan pemerintah provinsi bersama dengan bupati dan wali kota dalam mengelola sampah yang diproduksi dari Kota Manado, Bitung, Kabupaten Minahasa, dan Minahasa Utara.
“TPA ini yang sifatnya terintegrasi yang secara regional bisa menampung produksi sampah beberapa kabupaten dan kota yang berdekatan,” kata Kandouw. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment