SAS Hadiri Workshop dan Entry Meeting Pemeriksaan LKPD 2016 di Makasar

MAKASAR, (manadotoday.co.id)–Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan didampingi Kepala Badan Keuangan Daerah Drs Gerardus Mogi Rabu (29/3/2017) menghadiri Workshop dan Entry Meeting Pemeriksaan LKPD Tahun 2016 yang dilaksanakan di Hotel Clarion Makasar Sulawesi Selatan.

Wawali SyerlybAdelyn Sompotan dan Kepala Badan Keuangan Daerah Drs Gerardus Mogi menghadiri kegiatan di Makasar
Wawali SyerlybAdelyn Sompotan dan Kepala Badan Keuangan Daerah Drs Gerardus Mogi menghadiri kegiatan di Makasar

Kegiatan yang dilaksanakan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Wilayah Timur ibi dibuka Prof Dr Bahrullah Akbar MBA sekaligus pembawa materi.
Dalam pemaparannya, Bahrulah Akbar mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberi pembekalan dan persamaan persepsi terhadap LKPD  terhadap pemeriksaan entry BPK- RI, juga merupakan agenda tetap dalam mengaudit laporan keuangan daerah dengan visi misi untuk menyempurnakan beberapa ketentuan dan peraturan yang telah diatur, mendorong pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan transparansi serta akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dan penyajian sistem akuntansi berbasis akrual.

”Ssemua proses ini dilakukan secara berjenjang dan kewajiban bagi pemerintah daerah menerbitkan LKPD merupakan amanah berdasarkan pasal 56 ayat 3 UU nmr 1/2004,” katanya.

Para auditor inspektorat diharapkan juga untuk berkomunikasi aktif dengan eksternal BPK maupun internal BPKP.

“Ada empat hal penting dalam menentukan temuan yaitu kesalahan administrasi, pemborosan, kemahalan dan fiktif atau mark up. Keempat hal tersebut menjadi dasar dalam pemberian opini,” tukas Bahrullah.

Ia berharap  ke depan pemerintahan harus clean and clear dalam pemeriksaan keuangan, agar nantinya tidak lagi ditemukan temuan –  temuan korupsi.

Workshop dan entry meeting yang dilaksanakan selama dua hari ini merupakan yang pertama dilaksanakan oleh BPK-RI kepada seluruh kepala daerah dan kepala perwakilan BPK di seluruh Wilayah Timur Indonesia.

Hadir juga pada acara tersebut selaku pembawa materi  Anggota III BPK-RI Prof Dr Eddy Mulyadi Soepardi CFrA CA , Staf Ahli Kemendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs Hamdani MM MSi AK , Wakil Ketua KPK Drs Saut Situmorang MM, Gubernur Sulawesi Selatan Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH  serta para peserta seluruh kepala daerah se-Wilayah Timur dan seluruh kepala perwakilan BPK- RI se-Wilayah Timur. (ark)