Kesiapan Kota Sehat Tomohon Diverifikasi Tim Provinsi

Reporter : | 24 Mar, 2017 - 10:17 pm WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Tim Verifikasi Kota Sehat Provinsi Sulawesi Utara dipimpin Hendra Tandayu, Jumat (24/3/2017) melakukan verikasi kesiapan Kota Tomohon dalam Kota Sehat Kategori Swasti Saba Wistara.

Tim Verifikasi saat mengunjungi Sekretariat Forum Kota Sehat

Tim Verifikasi saat mengunjungi Sekretariat Forum Kota Sehat

Tim diterima Pemkot Tomohon diwakili Asisten Kesejahteraan Rakyat Dra Truusje Kaunang di Sekretariat Pembina Kota Sehat Tomohon Kompleks perkantoran Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kelurahan Kakaskasen Dua Tomohon Utara.

Didampingi Sekretaris Bapelitbangda Royke Tangkawarouw ST MSi, Sekretaris Dinas Kesehatan Jhoni Kereh SKM MKes dan Ketua Forum Kota Sehat Drs Johan Sambuaga, Kaunang mempresentasikan kesiapan Kota Tomohon.

”Pemerintah Kota Tomohon berkomitmen untuk menjadikan Tomohon sebagai Kota Sehat. Buktinya. Tahun 2013 memperoleh penghargaan sebagai Kota Sehat Kategori Swasti Saba Padapa. Tahun 2015 meningkat di Kategori Swasti Saba Wiwerda. Dan, tahun ini akan dinilai untuk Kategori Swasti Saba Wistara,” kata Kaunang.

Tim Verifikasi bersama Forum Kota Sehat

Tim Verifikasi bersama Forum Kota Sehat

Untuk itu, bersama Forum Kota, Forum Komunikasi Kelurahan dan Kelompok Kerja Kelurahan Sehat,  Pemerintah Kota Tomohon berbenah dan mempersiapkan menuju Kota Sehat Kategori tertinggi.

Sementara Sekretaris Bapelitbangda Kota Tomohon  Royke Tangkawarouw ST  MSi selaku Tim Pembina Kota Sehat Kota Tomohon dalam pemaparannya menjelaskan bahwa dari 9 Tatanan Kota Sehat, Kota Tomohon memilih 7 berdasarkan kawasan dan permasalahan Kota Tomohon yakni kawasan pemukiman, sarana dan prasarana,  kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi. selanjutnya kawasan hutan sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.

Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Propinsi Sulawesi Utara Hendra Tandayu mengapresiasi usaha dan kerja keras dari Pemerintah Kota Tomohon dan semoga Kota Tomohon bisa lolos pada verifikasi tingkat propinsi dan dapat dan mengikuti verifikasi tingkat nasional yang tentunya dengan berbagai pembenahan, perbaikan dan melengkapi kekurangan yang ada agar dapat berhasil pada verifikasi tingkat nasional sehingga Kota Tomohon dapat memperoleh penghargaan Swasti Saba Wistara dan Provinsi Sulawesi Utara dapat memperoleh penghargaan Provinsi Sehat.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Dra Truusje Kaunang saat Menerima Tim Verifikasi Kota Sehat

Asisten Kesejahteraan Rakyat Dra Truusje Kaunang saat Menerima Tim Verifikasi Kota Sehat

Ketua Forum Kota Sehat Drs Johan Sambuaga mengatakan, pihaknya akan melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada. ”Tentunya. Sebagai forum, kami akan berusaha membuat yang terbaik seperti yang kami lakukan saat meraih dua penghargaan sebelumnya. Dukungan pengurus forum, pihak terkait dan masyarakat sangat diharapkan,” tukas Sambuaga.

Usai di Sekretariat Pembina Kota Sehat, tim Mengunjungi Sekretariat Forum Kota Sehat, Forum Komunikasi Kelurahan dan Kelompok Kerja Kelurahan Sehat di Tomohon Barat.

Untuk tahin 2017 ini, Forum Kota Sehat Tomohon memperoleh dana hibah dari Pemerintah Kota Tomohon sebesar Rp200 Juta. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment