Sosialisasi Hukum, Pemkot Tomohon-Kejaksaan Terapkan Jaksa Masuk Sekolah

Reporter : | 23 Mar, 2017 - 5:47 pm WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Upaya memperkenalkan hukum ke siswa mulai SD hingga SMA dilakukan Pemerintah Kota Tomohon bekerja sama dengan pihak Kejaksaan dalam hal ini Kejaksaan Negeri (Kejari)  Tomohon melalui Ptogram Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Pembukaan Ekspresi Jaksa Masuk Sekolah

Pembukaan Ekspresi Jaksa Masuk Sri

Selain sosialisasi, ada juga sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka JMS seperti lomba Yel-yel, Stand Up Komedi, Duta Adhyaksa, pidato, Kolintang serta Jaksa Cilik.

Pembukaan dilaksanakan di Sport Hall Yayasan Pendidikan Lokon Kamis (23,3/2017).

Wali Kota Tomohkn Jimmy F Rman SE Ak diwakili Asisten Ekonoki dan Pembangunan Ronni Lumowa SSos mengatakan, pendidikan membawa peran penting dalam kemajuan bangsa, oleh karenanya kesadaran hukum harus ditanamkan kepada siswa sejak dini.

“Salah satu hal yang paling sederhana yaitu melalui kesadaran dan kepatuhan terhadap peraturan dan tata tertib sekolah,” kata Lumowa.

Kegiatan JMS tahun 2017 ini mengangkat tema “Dengan program jaksa masuk sekolah perkuat pendidikan karakter anak didik menuju generasi emas”.

Tema ini dipilih sebagai bagian dalam memperkuat karakter siswa sebagai penerus bangsa yang unggul, berkualitas, berkarakter kebangsaan dan taat pada aturan hukum yang berlaku.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membekali para siswa dan institusi pendidikan untuk bukan hanya memiliki pengetahuan tetapi dapat sadar dan taat pada hukum yang berlaku” tambahnya.

Jajaran Pemkot Tomohon bersama Kejari Tomohon

Jajaran Pemkot Tomohon bersama Kejari Tomohon

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Tomohon Dr Juliana Dolvin Karwur MSi MKes mengatakan kegiatan iji merupakan terobosan melatih siswa supaya taat hukum sejak dini sehingga begitu terjunnke masyarakat nanti, tidak berbuat hal-hal yang melawan hukum.

”Kami sangat berterima kasih pihak kejaksaan bisa bekerja sama melaksanakan program ini,” tukas Karwur.

Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Muhammad Noor SH MH menegaskan, pelajar merupakan gerbong utama dari generasi muda yang mempunyai posisi dan peran strategis dalam pembangunan dan masa depan bangsa.

“Apresiasi kepada pihak pemkot Tomohon yang tetap mendukung akan kegiatan JMS bahkan saat ini Pemkot telah membantu memfasilitasi pembangunan gedung Jaksa Masuk sekolah JMS-EMAS berlokasi di kompleks kantor Kajari Tomohon, yang rencananya pada waktu dekat akan diresmikan bersamaan dengan dilaksanakannya kegiatan lomba  Ekspose Prestasi dan Kreativitas Siswa bersama Jaksa masuk sekolah (Ekspresi – JMS) tahun 2017,” kata Kajari.

Acara Puncak JMS lanjut Noor, dilaksanakan di Auditorium Bukit Inspirasi Tomohon pada 29 Maret pekan depan.

Hadir pada pembukaan Ekspresi JMS, para pejabat ii lingkup Pemkot Tomohon, kepala sekolah serta siswa SD hingga SMA. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment