Peringati HUT ke 165, Desa Wioy Satu Kembangkan Tarian Munayang

Reporter : | 23 Mar, 2017 - 1:15 pm WITA

tmp-cam-1113683361RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Berbagai macam lomba akan digelar unruk memperingati Hut ke 165 Wanua Desa Wioy, Kecamatan Ratahan Timur, yang akan jatuh pada 1 April 2017.

Untuk mengangkat budaya yang hampir punah, masyarakat Desa Wioy Satu menggelar lomba pidato bahasa daerah Pasan, Pidato bahasa Inggris dan tarian Munayang.

Hukum Tua Desa Wioy Satu, Kariani Kolinug SE menyatakatan, budaya tarian Manayang memang suda terpinggirkan di zaman sekarang ini, untuk itu perlu diangkat kembali dan dilestarikan di Minahasa Tenggara.

“Memang tarian Manayang ini adalah Budaya Mapalus dari buka lahan, mencangkul, tanam padi sampai sore bernyanyi dengan memakai gerakan,” jelas Kolinug.

Memperingati HUT ke 165 Desa Wanua Wioy, Kolinug mengajak masyarakat bersama pemerintah desa untuk terus menopang program dari Bupati James Sumendap SH, dan Wakil Bupati Ronald Kandoli.

“Pemerintah Desa juga memberikan apresiasi kepada pak Bupati karena lewat program Pemerintah Daerah, yakni pemberian dana duka, insentif para lansia, dan bantuan dana beasiswa untuk mahasiswa sudah dinikmati masyatakat desa Wioy,“ tandas Kolinug.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment