Wali Kota Ajukan LKPJ 2016 ke DPRD Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Senin (20/3,2017) mengajukan Laporan Keterangan Pertabggungjawaban (LKPJ) tahun 2016 kepada DPRD Tomohon di Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Ir Miky JL Wenur didampingi Wakil Ketua Caroll YA Senduk SH dan Youddy YY Moningka SIP.

Pengajuan LKPJ tahun 2016 oleh Wali Kota Tomohon
Pengajuan LKPJ tahun 2016 oleh Wali Kota Tomohon

Wali kota menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap anggota DPRD Kota Tomohon yang telah melaksanakan pembahasan dan memberikan rekomendasi terhadap LKPJ Walikota Tomohon tahun anggaran 2016.

Dalam sambutannya Walikota Tomohon mengatakan bahwa dalam LKPJ ini perlu diketahui bahwa pencapaian program dan kegiatan dalam pelaksanaan APBD tahun 2016 yang lalu, tidak terlepas dari mekanisme pengelolaan keuangan Pemkot Tomohon yang telah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selang dua tahun.

Upaya yang telah dilakukan Pemkot Tomohon dalam mengoptimalkan pendapatan keuangan meliputi : memantapkan kelembagaan dan sistem operasional pemungutan pendapatan daerah, Meningkatkan pendapatan daerah dengan intensifikasi dan ekstensifikasi, meningkatkan koordinasi secara sinergis di bidang pendapatan daerah dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi untuk peningkatan dana perimbangan terutama Dana Alokasi Khusus dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Selanjutnya, meningkatkan kinerja BUMD dalam upaya peningkatan kontribusi secara signifikan terhadap pendapatan daerah, meningkatkan pelayanan dan perlindungan masyarakat sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak daerah dan retribusi daerah, meningkatkan peran dan fungsi SKPD penerima PAD dalam peningkatan pelayanan dan pendapatan dan meningkatkan pengelolaan barang milik daerah dan keuangan daerah.

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tomohon nomor 4 tahun 2015 tentang APBD Kota Tomohon tahun anggaran 2016 dan peraturan Daerah Kota Tomohon nomor 5 tahun 2016  tentangf Perubahan APBD Kota Tomohon tahun anggaran 2016, maka target pendapatan daerah ditetapkan sebesar Rp. 673.633.027.327,- dan realisasi sebesar Rp 655.531.028.793,- atau dengan persentase sebesar 97,31 persen.

Dari segi pembangunan infrastruktur, berbagai sarana prasarana jalan telah terbangun (jalan, jembatan, saluran irigasi). untuk menunjang masalah pangan pemerintah telah memprogramkan berupa peningkatan produksi komoditas padi sawah, jagung serta peralatan (alsintan) bagi petani.

”Aspek lingkungan hidup berupa pencapaian kota bersih dengan pola pengangkutan sampah dari masyarakat ke TPA yang semakin baik. di bidang pendidikan, fokus utama pendidikan karakter, pendidikan vokasional dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga pendidikan. di bidang ekonomi, pembangunan pasar rakyat melalui penataan kawasan Pasar Beriman,” kunci wali kota.

Rapat paripuna DPRD ini dihadiri wakil Wali Kota Tomohon Syerluy Adelyn Sompotan, Sekretaris Kota Ir Harold Viktor Looowang MSc dan jajaran diakhiri dengan penyerahan buku Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) oleh Walikota Tomohon kepada Ketua DPRD Kota Tomohon. (ark)