Pemkot Tomohon Sosialisasi Tuberkulosis dengan Ketuk Pintu Rumah Warga

Reporter : | 17 Mar, 2017 - 11:40 pm WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota Tomohon melalui Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan dan Sekretaris Kota Ir Harold Viktor Lolowang MSc Jumat (17/3/2017) menggekar sosialisasi Tentang Penyakit Tuberkulosis (TB) dengan mengetuk pintu rumah warga.

Jalan Sehat peringati Hari TB Sedunia

Jalan Sehat peringati Hari TB Sedunia

Lokasi yang rumahnya diketuk berada di Kelurahan Walian Kecamatan Tomohon Selatan

Gerakan ketuk pintu adalah kunjungan rumah yang dilakukan oleh kader keaehatan  dengan tujuan untuk memberikan edukasi tentang TB.

Sebelum melaksanakan gerakan ketuk pintu digekar jalan aehat start dari pusat kota dan finish di Kantor Wali Kota.

Usai jalan aehat dilanjutkan dengan Senam Zumba. Kegiatan ini melibatkan ASN jajaran Pemkot Tomohon bersama unsur siswa SMP dan SMA.

Usai olahraga bersama, melalui peringatan hari TB sedunia yang bertemakan ”Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis” dilaksanakan sosialisasi tentang penyakit TB yang diikuti para siswa dan jajaran Pemkot Tomohon  serta unsur masyarakat yang digelar di Aula Lantai 3 Kantor Walikota.

Penyematan tanda peserta sosialisasi

Penyematan tanda peserta sosialisasi

Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan saat membuka kegiatan menjelaskan, TB merupakan masalah kesehatan masyarakat yang menjadi tantangan global dan nasional.

“Berdasarkan laporan global TB report tahun 2015, Indonesia mempunyai beban TB yang terbesar dari antara 5 negara yakni India, China, Nigeria, Pakistan. Untuk Tomohon sendiri pada tahun 2016 ada 136 kasus TB  yang diketahui,” kata Sompotan.

Hadir pada kegiatan tersebut Kadis Kesehatan dr Deesje Liuw MBiomed, Ketua Pelkesi  Wilayah IV dr Nova  Wulur SPOG Sebagai nara sumber  dr Paulus Harijanto SpPD, dr Mieke Rumambi. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment