Penyusunan Amdal Kebun Raya di Ratatotok Tunggu Dana

Reporter : | 16 Mar, 2017 - 7:42 pm WITA

tmp-cam--2023864326RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Penyusunan Analis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan Kebun Raya Megawati Soekarnoputri dibekas lahan tambang PT Newmont Minahasa Raya yang berlokasi di Kecamatan Ratatotok, saat ini masih terkendala dana, pasalnya penyusunan Amdal tersebut, akan diserahkan kepada Konsultan sebagai pihak ketiga.

Kepala Dinas Lungkungan Hidup (BLH) dr Tommy Soleman, mengatakan dokumen Amdal telah dipersiapkan oleh Pemkab Mitra, jika dana sudah ada, maka tahun ini segera dilakukan kajian oleh pihak ketiga.

”Untuk dana penyusunan Amdal, ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU/TR) dan informasi akan segera ditenderkan, “kata Soleman, Rabu (15/3/2017).

Soleman menuturkan, penyusunan Amdal nanti akan diserahkan kepada konsultan pemenang tender sebagai pihak ke tiga.

”Jadi jika proses Amdal selesai maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan membentuk tim kajian, seterusnya akan mendapatkan rekomendasi ke Pemerintah Pusat untuk mendapatkan dana pembangunan Kebun Raya Megawati Soekarnoputri,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas PU/TR Ir Welly Munaiseche, saat dikonfirmasi mengatakan, proses tender dana penyusunan Amdal dalam waktu dekat akan ditenderkan dengan anggaran sebesar Rp300 juta.

”Prosesnya tendernya akan dipercepat agar supaya tahun ini Kebun Raya telah memiliki Amdal,” kata Munaiseche.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment