Bupati Minahasa Hadiri Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

tmp-cam--1843510454JAKARTA, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2017, di Hotel Bidakara jalan Jendral Gatot Subroto, Rabu, (15/03/2017).

Rapat Koordinasi ini dibuka Menteri Dalam Negeri Thahjo Kumolo yang di awali dengan laporan dari Kepala Dirjen Poitik dan Pemerintahan Soedarmo yang menyatakan, pelaksanaan Rakornas ini adalah pengejahwantahan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permen) Nomor 42 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Koordinasi Penanganan Konflik Sosial, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dalam sambutannya Mendagri menekankan kepada seluruh komponen bangsa untuk memperkuat Koordinasi dalam daerah baik sesama Instasi dan Lembaga, Gubenur, Bupati/Walikota, TNI/POLRI dan Kejaksaan Agung, BIN dengan melibatkan Tokoh-tokoh agama sehingga penanganan konflik sosial menjadi baik.

“Pembinaan pengawasan integritas penyelenggara Pemerintahan Daerah wajid dilakukan untuk ewujudkan Kondisi Keamanan Nasional dan Daerah. Rakor ini menghasilkan rencana aksi terpadu yang penanganan konflik sosial yang meliputi pencegahan konflik, penghentian konflik dan pemulihan pasca konflik. Dan tentunya akan diukur keberhasilannya lewat monitoring, pelaporan dan evaluasi berjenjang, “jelas Mendagri.

Dia juga mengharapkan lewat rakornas ini, akan tercipta koordinasi, konsolidasi serta hubungan yang sinergis antara Tim Terpadu Tingkat Nasional, Provinsi maupin Kabuapten/Kota. Rakor Nasional Tim terpadu penanganan konflik dihadiri Gubernur, Bupati, Walikota, TNI/POLRI dan Kejaksaan Agung, Sekda Provinsi/Kabupate/Kota Se-Indoensia, Kepala Badan Kesbangpol Prov/Kab/Kota se-Indonesia, dan lembaga/kementerian terkait.

Dengan mengangkat tema : “Optimalisasi peran tim terpadu dalam pelaksanaan koordinasi Penanganan konflik sosial di tingkat pusat dan daerah “.

Turut mendampingi Bupati Kaban Kesbangpol Minahasa Drs Jorry Gumansing, Kasubag Protokol Shanti Lengkong, S.STP, Ajudan Bupati Serma Fredrik Matindas.

Terkait kegiatan ini, Bupati Minahasa berharap agar pemerintah dan masyarakat Kabuapten Minahasa dapat menjaga stabilitas keamanan dan menekan terjadinya konflik serta bekerjasama dalam penanganannya jika terjadi konflik sosial.

“Mari kita jaga stabilitas keamanan di kabupaten yang kita cintai ini, dan kita harus secara bersama dalam mencegah maupun menangani konflik sosial,” harap Bupati. (Rom)