Denny Mangala Buka Rakor Persiapan Pembentukan Kabupaten Layak Anak di Minahasa

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra kabupaten Minahasa Dr. Denny Mangala, M,Si , Rabu (15/3/17), membuka rapat koordinasi (Rakor) persiapan pembentukan kabupaten layak anak di Kabupaten Minahasa.

Denny Mangala, minahasa, kabupaten layak anakRakor yang digelar di Ruang Sidang kantor Bupati Minahasa itu, turut dihadiri Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Debby Bukara SE, M.Si , Kabag Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibum Linmas Widiwati Rinjani, S.Sos, para Camat serta Pengurus PKK Kabupaten Minahasa.

Menurut Mangala, kabupaten layak anak merupakan kebijakan nasional dari tahun 2011. Dimana program ini, ingin memberikan perlindungan kepada anak sebagai penerus bangsa.  “Di Minahasa sudah banyak tindakan pelecehan seksual dan kekerasan terhadap anak sehingga kita semua berkewajiban untuk melindungi hak-hak anak, dan menjaga psikologi anak agar dapat bertumbuh secara normal,” ujar Mangala.

Diuraikan Mangala, ada lima klaster konvensi hak anak untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak, diantaranya, Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Pendidikan, Pemanfaatan waktu luang, dan Kegiatan Budaya, Perlindungan Khusus Kabupaten Layak Anak adalah suatu sistem pembangunan berbasis anak.

Lebih lanjut, ujar Mangala, ada tiga variabel penting lain yang harus saling sinergis untuk mewujudkan kabupaten layak anak adalah pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha.

Kabupaten Layak Anak harus diwujudkan karena merupakan sebuah amanah dari dunia internasional dan nasional. Mengingat anak merupakan investasi sebuah negara, dan anak merupakan generasi penerus bangsa. ” kita harus ada komitmen bersama untuk mewujudkan kabupaten layak anak, karena sebuah visi tanpa komitmen hanya akan menjadi ilusi ,” tukasnya. (Rom)