Bupati Ajak Warga Sukseskan Gertam Cabe

Reporter : | 15 Mar, 2017 - 10:13 am WITA

Dari Panen Cabe di Perkebunan Lopana Kecil Buyungon

tmp-cam--486838371AMURANG, (manadotoday.co.id) – Harga Cabe yang fluktuatif bahkan cenderung sangat mahal di waktu-waktu tertentu, menjadi perhatian khusus Bupati Christiany Eugenia Paruntu.

Untuk memenuhi kebutuhan Cabe atau oleh masyarakat local dikenal dengan sebutan Rica, Bupati Minsel mengajak masyarakat untuk mensukseskan gerakan tanam (Gertam) Cabe, dengan memanfaatkan lahan yang ada terlebih lahan tidur.

“Kalau kita tanam cabe, tanam sayur, jagung akan menambah penghasilan, mengurangi belanja ibu rumah tangga, kemudian mengurangi kemiskinan,” imbau Bupati yang akrab disapa Tetty ini, saat menghadiri panen Rica kelompok Tani Matuari Waya, Selasa (15/3).

Bupati yang didampingi Wakil Bupati Frangky Wongkar di kesempatan tersebut juga menjelaskan bahwa Rica memegang peranan penting dalam memacu inflasi. Karena itu masyarakat diharapkan dapat menciptakan swasembada pertanian khususnya, sehingga dapat memenuhi kebutuhannya secara mandiri.

“Apresiasi bagi kelompok tani Matuari Waya. Dan apa yang telah diprakarsai diharapkan akan menjadi motivasi masyarakat untuk terus berkarya dalam peningkatan pembangunan didaerah. Menjadi tanggngjawab pemerintah untuk terus mengupayakan berbagai terobosan dalam peningkatan produksi. Mari seluruh masyarakat dengan semangat “Mapalus” kita terus berkarya dan berinovasi menuju Minahasa Selatan yang hebat dan terdepan, “ tukas Bupati yang juga dikenal dengan sebutan CEP.

Diketahui pada acara panen Rica yang juga dihadiri Forkompinda, pejabat jajaran Pemkab Minsel, tokoh masyarakat dan tokoh agama Bupati membagikan bibit Rica dan pupuk kepada anggota kelompok tani, serta memberikan bantuan peralatan hand tractor yang nantinya di kelola koperasi untuk dimanfaatkan oleh para petani. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment