Bapelitbangda Tomohon Konsultasikan Penyusunan RKPD kepada Wali Kota

Reporter : | 15 Mar, 2017 - 9:37 am WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon yang dikomandani Ir Ervinz DH Liuw MSi Selasa (14/3/2017) mengkonsultasikan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018 kepada Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak.

Konsultasi Penyusunan RKPD ke Wali Kota Tomohon

Konsultasi Penyusunan RKPD ke Wali Kota Tomohon

Liuw menjelaskan, hal ini penting untuk dilaksanakan mengingat pada waktu lalu Pemerintah Kota Tomohon telah melaksanakan Musrenbang Kelurahan, Musrenbang Kecamatan serta konsultasi publik dan saat ini konsultasi dengan pimpinan daerah.

‘’Selanjutnya akan masuk dalam tahap penyiapan RKPD yang rencananya dimasukkan ke provinsi pada akhir Mei 2017 nanti,’’ kata Liuw.

Dikatakannya, rencana awal program prioritas daerah dan rencana aksi 2018 secara nasional bertemakan ‘’Memacu Investasi dan Infrastruktur Pertumbuhan dan Pemerataan”, sedangkan untuk tema pemerintah Kota Tomohon kaitannya dengan program ini adalah “Peningkatan Infrastruktur, Iklim Investasi, Sumber Daya dan Kualitas Lingkungan Hidup”.

“Program prioritas daerah dan rencana aksi 2018 tentunya dikemas dalam program E-Government, Merubah wajah kota, Akselerasi pembangunan, Smart City Service (EMAS) yang meliputi 7 prioritas yakni kemandirian ekonomi dan daya saing, penanggulangan kemiskinan, pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup penanggulangan bencana dan penataan ruang, pariwisata dan budaya, pengembangan infrastruktur, kualitas birokrat dan tata kerja, serta kualitas sumber daya manusia”, urai Liuw.

Menanggapi tersebut Wali Kota Tomohon mengatakan, pelaksanaan pembangunan di Kota Tomohon pada tahun 2018 tetap mengacu pada visi misi termasuk ketujuh program prioritas yang ada.

Untuk prioritas pembangunan daerah tahun 2018 akan menyesuaikan dengan hasil e-musrenbang yang telah dilaksanakan.

“Kaitannya dengan infrastruktur jalan, secara keseluruhan kondisinya cukup baik tetapi kelanjutan pembangunannya tetap dilaksanakan dalam rangka peningkatan pembangunan dalam berbagai aspek seperti pertanian yang tentunya berdampak pada perkembangan perekonomian di Kota Tomohon,’’ jelas Eman.

Di bidang pariwisata dan olahraga, Eman mengatakan akan melakukan rehabilitasi Stadion Olahraga Parasamya dan melengkapi fasilitas di lokasi-lokasi wisata.

Pertemuan dihadiri Sekretaris Kota Ir Harold Viktor Lolowang MSc, Asisten Kesra Dra Truusje Kaunang, Asisten Perekonomian Ronni Lumowa SSos MSi, Asisten Umum Novi Politon SE serta para Staf Ahli Wali Kota. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment