Olly: Dukungan Pemkab dan Pemkot Penting Untuk Percepatan Pembangunan Sulut

Reporter : | 13 Mar, 2017 - 7:37 pm WITA

Gubernur Olly Dondokambey, didampingi Wakil Gubernur Stevem O E Kandouw, dan Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, pada rapat koordinasi pembinaan wilayah pemerintahan di Sulut

Gubernur Olly Dondokambey, didampingi Wakil Gubernur Stevem O E Kandouw, dan Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, pada rapat koordinasi pembinaan wilayah pemerintahan di Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menegaskan, percepatan pembangunan di daerah ini, harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah kabupaten dan kota di Sulut.

“Dukungan pemerintah kabupaten dan kota, sangat penting untuk percepatan pembangunan di Sulut,” ujar Dondokambey, didampingi Wakil Gubernur Stevem O E Kandouw, dan Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, ketika memimpin rapat Koordinasi Pembinaan Wilayah Pemerintahan di Sulut, yang digelar di ruangan C.J. Rantung, kantor gubernur Sulut, Senin (13/3/2017).

Pada kesempatan itu, Olly sapaan damiliar Dondokambey, menyatakan, hubungan hirarkis antara provinsi dengan kabupaten dan kota sebagaimana diatur dalam UUD 1945 serta UUD Nomor 23 Tahun 2014 adalah suatu kesatuan yang tidak terpisahkan dan berikat, mutlak dan wajib untuk senantiasa berjaga disamping program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan, yang harus sinergis dan sinkron.

Dijelaskan Olly, dukungan untuk pembangunan di Sulut saat ini, seperti program prioritas nasional yang sedang dan akan dilaksanakan di Sulut, seperti pengembangan Bandara Sam Ratulangi, pembangunan Trem dalam Kota Manado, jalur kereta api Manado- Bitung, pengembangan kawasan periwisata Likupang, Manado Outer Ring Road III (Winangun Malalayang), pembangunan TPA Regional di Kabupaten Minahasa Utara, dan pembangunan Bendungan Sawangan Kabupaten Minahasa.

“Selain itu ada proyek strategis nasional di Sulut yaitu, bendungan Lolak di Kabupaten Bolaaang Mongondow, bendungan Kuwil di Kabupaten Minahada Utara, jalan tol Manado-Bitung, international hub port Bitung, kawasan ekonomi khusus (KEK,red) Bitung, dan jalan penghubung Gorontalo-Manado,” terang Olly.

“Proyek-proyek ini harus selesai tahun 2018 dan bertujuan untuk percepatan pembangunan khususnya perekonomian Sulut. Pembangunan ini ada di kabupaten/kota. Untuk itulah diperlukan sinergitas agar pekerjaan ini dapat berjalan sesuai target dan ini merupakan tugas kita yang harus kita laksanakan dengan penuh tanggung jawab,” tegas Olly.

Sementara Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sulut, Jimmy Kumendong, mengatakan, maksud dan tujuan kegitan rakor sebagai wahana pembinaan sehingga terbangun komitmen pemahaman sinergitas yang baik pemprov serta pemkab dan pemkot di Sulut.

Hadir pada kegiatan tersebut, pejabat di Lingkup Pemprov Sulut, dan Camat se- Provinsi Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment