Pemprov Sulut Matangkan Persiapan Program CSR Tahun 2017

Mokoginta: CSR Harus Tepat Sasaran dan Dirasakan Masyarakat

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) memantapkan program kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Tahun 2017. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi evaluasi program kegiatan CSR Tahun 2016 dan Rencana Program kegiatan CSR Tahun 2017, yang digelar di ruang WOC kantor Gubernur Sulut, Jumat (10/3/2017).

Assisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sulut, Rudy Mokoginta didampingi Kepala Biro Adiministrasi Perekonomian dan SDA Frangky Manumpil, dalam rapat itu, mengatakan, guna mengoptimalkan pemanfaatan CSR, Tahun 2016 lalu Pemprov Sulut melakukan berbagai pertemuan dengan BUMN guna mensinkronkan kegiatan CSR dengan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK).

Dikatakan Mokoginta, hasil yang diharapkan supaya peran pemerintah daerah dalam pemantapan program OD-SK melalui CSR, untuk mengidentifikasi data objek kemiskinan dan mencari potensi-potensi yang bisa membantu penurunan angka kemiskinan dalam jangka pendek dengan koordinasi yang baik dan berkelanjutan antara pihak perusahaan dan pemerintah daerah.

“Sangat diharapkan agar program CSR akan tepat sasaran dan bisa dirasakan langsung oleh semua elemen masyarakat,” ungkap Mokoginta

Kata dia, Pemprov Sulut telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya pencanangan penanggulangan kemiskinan yaitu, bedah rumah tidak layak huni dengan membangun lia unit rumah di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang merupakan partisipasi dari PT. Bank SulutGo.

Sementara pada rapat tersebut, masing-masing  perusahaan BUMN dan Swasta menyampaikam laporan pelaksanaan kegiatan CSR tahun 2016 dan mengagendakan Program kegiatan CSR yang akan dilakukan tahun 2017 serta menyelenggarakan rapat koordinasi yang dilakukan secara berkala untuk melakukan evaluasi terhadap capaian dan kendala dalam pelaksanaan CSR.

Pada rapat itu lagi, terungkap perusahaan yang sementara melaksanakan program CSR adalah PT. Bank Mandiri yang sudah melaksanakan bedah rumah mandiri menjadi rumah desa mandiri. PT Astra International melakukan CSR pada bidang kesehatan, pendidikan dan lingkungan. PT Kimia Farma, melakukan pengobatan dan sosialisasi anti narkoba. Supermarket Fresh Mart, membantu dan fokus pada bamtuan ke Panti Asuhan, PT Kadin, melakukan bina lingkungan untuk real estate bedah rumah-rumah disekeliling. (ton)