Dinkes Mitra Kecipratan Rp8,3 Miliar Dana Bantuan Oprasional Kesehatan

Reporter : | 09 Mar, 2017 - 2:58 pm WITA

Sekretaris Dinkes Agustina Tangian SE

Sekretaris Dinkes Agustina Tangian SE

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Tahun 2017 ini Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara (Mitra) mendapat dana Bantuan Oprasional Kesehatan (BOK) dari pemerintah pusat sebesar Rp8,3 Miliar.

Sekretaris Dinkes Agustina Tangian SE, menuturkan, anggaran BOK, berasal dari DAK nonfisik tahun 2017 untuk operasional pelayanan kesehatan di puskesmas-puskesmas berjumlah Rp5,2 miliar.

“Nantinya dari anggaran Rp8,3 miliar, untuk biaya oprasional puskesmas di setiap kecamatan sebesar Rp5,2 Miliar, jadi masing-masing puskesmas di 12 kecamatan akan mendapatkan Rp500 juta,”ujar Tangian, pada manadotoday.co.id Rabu (8/3/2017).

Dengan adanya anggaran oprasional tersebut, kata Tangian, Puskemas dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di setiap kecamatan.

“Petugas puskesmas harus turun langsung ke masyarakat, jika ditemui kasus-kasus penyakit yang perlu penanganan khusus, ” jelasnya.

Tangian, menambahkan bagi Puskemas yang pelayanan kesehatannya kurang ke masyarakat akan menjadi perhatian khusus dari pihak Dinkes.

“Diharapkan kedepan tidak ada lagi laporan dari masyarakat kurangnya penanganan kesehatan di tingkat Puskemas, karena alokasi operasionalnya sudah ditingkatkan,” tandasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment