Bupati JWS: Panitia Pilhut Jangan ‘Masuk Angin’

Reporter : | 08 Mar, 2017 - 9:49 am WITA

Bupati JWS

Bupati JWS

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow M.Si (JWS) meminta kepada panitia pemilihan hukum tua (Pilhut) di 50 Desa di kabupaten Minahasa agar bisa menjalankan tugas dan tanggung-jawab dengan baik dengan tidak memihak salah satu calon peserta Pilhut.

“Jangan sampai Panitia Pilhut masuk angin alias tidak netral,” ujar JWS saat membuka pembekalan panitia Pilhut di BPU Tondano, Selasa (07/03/2017).

Dikatakan JWS, panitia harus pahami betul tentang regulasi atau aturan yag berlaku terkait Pilhut. Panitia dituntut untuk bisa menjelaskan aturan kepada calon hukum tua, tim sukses bahkan juga kepada masyarakat. Salah satu hal yang juga harus dihindari oleh panitia Pilhut yakni jangan terlibat sebagai tim kampanye salah satu calon sebab hal itu akan sangat berbahaya.

“Ini merupakan pesta demokrasi yang harus dijaga kewibawaannya oleh panitia. Dilarang keras panitia tergabung dalam tim kampanye calon hukum tua. Netralitas harus di junjung tinggi agar lahir hukum tua yang benar-benar di pilih oleh masyarakat sehingga Dia bisa mempertangung-jawabkan tugasnya kepada masyarakat,” urai Bupati.

Sebelumnya kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa (PMD) Jefry S Sajow SH dalam laporannya mengatakan bahwa Pilhut diawali dengan pembentukan panitia Pilhut berdasarkan aturan yang berlaku.

“Panitia Pilhut dibentuk oleh BPD desa setempat, dengan harapan bisa melaksanakan tugas dengan baik dengan berdasar pada ketentuan atau peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Turut hadir dan memberikan pembekalan asisten 1 bidang pemerintahan dan kesra Dr Denny Mangalah, sejumlah anggota komisi 1 DPRD Minahasa yang dipimpin ketuanya Oklen Waleleng SH.(rom)

Baca Juga :

Leave a comment