Bapelitbangda Gelar Konsultasi Publik “Tomohon’s Planners Club”

Reporter : | 07 Mar, 2017 - 7:23 pm WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Upaya menuju ke arah lebih baik dalam perencanaan pembangunan terus dilakukan Pemkot Tomohon. Untuk itu, bertempat di Taman Asri Edelweis Kelurahan Kolongan Satu Kecamatan Tomohon Tengah, Selasa (7/3/2017) Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon menggelar Konsultasi Publik ”Tomohon’s Planners Club”.

Kepala Bapelitbangda Tomohon Ir Ervinz DH Liuw MSi

Kepala Bapelitbangda Tomohon Ir Ervinz DH Liuw MSi

Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Ir Ervinz DH Liuw MSi mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menerima masukan, usul, saran dari para stakeholder untuk perencanaan pembangunan tahun 2018 mendatang.

”Kami mengundang akademisi, tokoh masyarakat, para pemikir, organisasi profesi, legislator dan pejabat pemerintah,” ungkap Liuw.

Dalam diskusi yang dilaksanakan, muncul sejumlah ide dan saran untuk pembangunan di Kota Tomohon ke depan. Salah satunya, bagaimana mengatur agar banjir tidak lagi terjadi di Kota Tomohon seperti yang baru saja terjadi.

Dikatakan Liuw, Pemkot Tomohon telah selesai melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kelurahan dan kecamatan yang telah dimasukkan ke e-proposal dan mantinya ke e-planning.

Dikatakannya, tahun 2018 Tema Nasional Memacu Investasi dan Pembangunan Infrastruktur sesuai dengan Tema Kota Tomohon  Peningkatan Infrastruktur, Iklim Investasi Sumber Daya dan Kualitas  Lingkungan Hidup.

”Dan kita telah memiliki tujuh program prioritas daerah yang telah tertera di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, salah satunya kemandirian ekonomi. Ini semua merupakan intisari dari e-musrenbang yang telah dilaksanakan dan merupakan buah pikiran dari Bapelitbangda,” tukas Liuw.

Pembangunan Kota Tomohon ke depan diutamakan pelebaran jalan, pembangunan wisata dan budaya, pembangunan pusat wisata kuliner dan peningkatan Pasar Beriman, pembangunan pasar petani organik dan juga rencana pembentukan desa. Semua ini merupakan faktor pendukung untuk menarik minat investor dan juga wisatawan untuk datang di Kota Tomohon.

Peserta Konsultasi Publik yang digelar Bapelitbangda

Peserta Konsultasi Publik yang digelar Bapelitbangda

Mewakili Wali Kota Tomohon, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa SSos MSi Berharap apa yang dibahas, usulan-usulan yang muncul bisa membawa Kota Tomohon ke depan yang lebih baik.

Hadir pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Kota Tomohon Ir Jimmy Wewengkang MBA, Piet Pungus SPd, James Kojongian ST, Inspektur Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi, para Kepala Perangkat Daerah, Tokoh Masyarakat, Akademisi, asosiasi profesi, dan Pemerintah Kota Tomohon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment