Pasca Bencana, Bitung Mulai Normal

tmp-cam--1071106975BITUNG, (manadotoday.co.id) – Kondisi masyarakat Kota Bitung yang terkena dampak bencana akibat banjir dan tanah longsor beberapa waktu lalu mulai normal. Rumah penduduk sebagian besar sudah ditempati kembali, sementara fasilitas umum yang rusak sudah diperbaiki.

Hal ini diungkapkan Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi didampingi Plt Sekretaris Kota (Sekkot) Bitung Yoke FX Senduk SH MSi, beserta unsur dari Kodim 1310 Bitung, saat memimpin rapat evaluasi hari ke-13 bencana banjir dan tanah longsor di Kota Bitung, di Posko Tanggap Bencana BPBD Kota Bitung, Sabtu akhir pekan kemarin.

“Saat ini hampir semua lokasi sudah diperbaiki, fasilitasi umum serta rumah penduduk sebagian besar sudah dapat digunakan kembali, masyarakatpun sudah kembali ke rumah mereka masing-masing, tinggal 8 KK yang masih belum kembali tetapi kondisi tempat tinggal mereka sedang dalam upaya perbaikan,” tutur Lomban memaparkan beberapa perkembangan terakhir terkait wilayah yang terkena bencana.

Lanjutnya beberapa fasilitas yang belum secara masksimal diperbaiki akan secepatnya mendapat penanganan oleh dinas terkait. Untuk lokasi bencana yang cukup parah seperti Politeknik Perikanan, maupun beberapa gedung sekolah di wilayah Tandurusa pun proses belajar mengajar sudah seminggu berjalan dengan normal.

“Laporan dari 8 Camat di Kota Bitung bahwa semua titik banjir maupun longsor saat ini sudah aman dan terkendali sehingga aktivitas masyarakat sudah kembali normal,” tambah Lomban.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk penyaluran bantuan terhadap korban terus dilakukan melalui koordinasi intens dari BPBD serta pihak Kecamatan dan Kelurahan, hal ini dilakukan dengan tujuan agar penyaluran bantuan dilakukan secara cepat dan tepat.

Lomban berpesan agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk selalu waspada pada saat hujan serta selalu berkoordinasi dengan perangkat Kelurahan maupun Camat apabila memerlukan bantuan logistik ataupun pelayanan kesehatan.

Pada kesempatan tersebut atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Lomban memberikan apresiasi dan ungkapan Terima Kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan yang sampai saat ini terus diberikan.(kys)

Add Comment