Pembangunan Terminal Liwas Manado Selesai Tahun Ini

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pembangunan terminal regional Liwas Kota Manado yang dikerjakan sejak Tahun 2012 lalu, rencananya selesai Tahun 2017 ini. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Sulut, Joy Oroh.

Dijelaskan dia, pembangunan yang merupakan proyek Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Darat pada Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Lalu Lintas Angkutan Jalan Sulut ini, menelan anggaran Rp.12.900 Miliar.

“Pekerjaannya akan tuntas tahun ini setelah masuk pada tahap enam,” ujar Oroh.

Disinggung lambatnya pembangunan terminal ini, menurut Oroh hal itu lantaran terkendala anggaran pusat. Sebab, pekerjaan ini murni anggaran APBN, dan pihak Dishub Sulut hanya mengfasilitasinya.

Dijelaskan Oroh lagi, terminal Liwas ini direncanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama sudah berjalan sejak tahun 2012 melalui satuan kerja pengembangan LLAJ Sulut tahun 2012, dimana pelaksana pekerjaan PT Mutu Jaya Sakti dengan pengawas pekerjaan PT Abdi Cipta Sasana anggaran Rp 3.729.000.000, dengan pekerjaan pematangan lahan (cutting & field) serta pembuatan talud.

Untuk tahap kedua, dilaksanakan pembiayaan dana APBN tahun 2013 melalui satuan kerja pengembangan LLAJ Sulut tahun 2013, dimana pelaksana pekerjaan dilakukan PT Realita Timur Perkasa serta pengawas pekerjaan oleh PT Visca Jaya Consultant dengan anggaran Rp 9.414.240.000. Sedangkan tahap pekerjaan yang akan dilaksanakan adalah pematangan lahan dan pembuatan talud, pembangunan gedung utama terminal, serta pembangunan shelter.

Sementara tahap ketiga, pekerjaan yang dilaksanakan adalah pematangan lahan dan pembuatan talud, pembangunan shelter, pengaspalan areal terminal dan penataan serta pembuatan taman dan landscape.

“Tahap ini diharapkan seluruh fasilitas terminal telah selesai dibangun, baik bangunan utama, areal lahan parkir, ruang tunggu penumpang maupun fasilitas lainnya,” terang Oroh. (ton)