Wagub Sulut: Perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado Mendesak

Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven O.E Kandouw
Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven O.E Kandouw

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E Kandouw, menegaskan, perluasan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, sudah mendesak dilakukan.

“Ini menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu masyarakat yang ingin ke Sulut. Apalagi, akses Bandara Sam Ratulangi lah yang paling dekat dengan ibu kota provinsi Sulut ini,” ujar Kandouw, Rabu (22/2/2017).
Dikatakan dia, kapasitas yang dimiliki Bandara ini jauh lebih kecil dibandingkan animo masyarakat yang hendak menggunakan terminal udara tersebut. Karena itu, perluasan bandara tidak bisa ditunda lagi.
“Bandara saat ini sudah tidak memadai. Apalagi bulan maret atau april ada penambahan empat penerbangan setiap harinya,” jelas Kandouw.
Dikatakan mantan Ketua DPRD Sulut ini, lambatnya penanganan dari pihak Angkasa Pura I diduga menjadi penyebab belum diperluasnya bandara ini. Karenanya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey telah berupaya melobi penambahan dana perluasan bandara di APBN-P.
“Lewat Kementerian Pertahanan kemudian diserahkan ke KASAU untuk perluasan pangkalan di lapangan angkatan udara,” tandas Kandouw.
Diketahui, panjang runway Bandara Sam Ratulangi, akan ditambah 150 meter atau menjadi 2.800 meter dari sebelumnya 2.650 meter. Selain itu, luas area terminal akan ditingkatkan menjadi 4.000 meter persegi dan jumlah garbarata ditambah menjadi lima. (ton)