Lumi Apresiasi Penanganan Bencana Pemkab Minahasa

TONDANO. (manadotoday.co.id) – Anggota DPRD Minahasa Edwin Lumi, mengapresiasi kinerja Pemkab Minahasa dibawa pimpinan Bupati Jantje Wowiling Sajow dan Wakil Bupati Ivan Sarundajang (JWS-Ivansa), terkait penanganan bencana alam banjir, tanah longsor, dan puting beliung di sejumlah wilayah di Minahasa.

“Harus diakui bahwa pemkab Minahasa cepat tanggap melakukan berbagai upaya dalam penanggulangan bencana. Ini semua oleh karena koordinasi antar instansi berjalan rapi dan sistem komando yang terintegrasi dengana baik,” tukas Lumi, Rabu (22/02/2017) .

Dikatakan dia, rentetan bencana yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini banyak menimbulkan kerugian bagi korban, sedangkan disisi pemerintah menyisahkan pekerjaan rumah guna menata kembali infrastruktur terutama irigasi atau saluran air yang nyatanya telah dialihkan warga demi pemukiman.

“Kami menilai bencana yang terjadi lebih disebabkan oleh tangan-tangan manusia seperti membuang sampah sembarangan, penebangan hutan hingga membuat hutan menjadi gundul serta sikap pandang enteng warga yang mendirikan rumah di atas saluran air,” ujar Lumi.

Dia berharap, agar pemkab Minahasa terus melakukan pemantuan hal ini disebabkan oleh cuaca yang masih berpotensi hujan masih akan terjadi. Kepada warga yang tinggal di lereng bukit atau di bantaran sungai di tepi danau atau pantai agar segera berpindah ke tempat aman. (rom)

Add Comment