Korengkeng Buka Rakor TPID Minahasa

TONDANO. (manadotoday.co.id) – Sekdakab Minahasa Jefrry Korengkeng, membuka rapat koordinasi (rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Minahasa Tahun 2017, yang digelar di ruang sidang kantor bupati Minahasa, Senin (20/2/2017).

Korengkeng dalam sambutanya, mengatakan, keberadaan TPID memiliki peran sangat strategis dalam rangka menjaga stabilitas harga di daerah. Namun untuk memaksimalkan kinerja tim, harus ada dukungan dan sinergitas dengan stakeholder terkait karna upaya untuk mengatasi masalah rantai pasokan komoditas pangan yang belum efisien menjadi kunci utama dalam memelihara stabilitas harga.

“Kondisi saat ini menunjukan bahwa tantangan pengendalian inflasi secara spesifik berkaitan erat dengan keterbatasan infrastruktur pertanian, maraknya alih fungsi lahan serta keterbatasan konektifitas dengan para pelaku usaha maupun stakeholder terkait pemasaran hasil komoditas pangan,” ungkap Korengkeng.

Lanjutnya, dalam konteks rakor ini sangat penting untuk membahas dan mencari solusi bersama utk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok serta menjaga suplai dan distribusi pangan maupun bahan bakar agar kita mampu menjaga infalasi di daerah.

“Diantaranya yang sangat kompleks adalah kondisi harga kebutuhan bahan pokok yang fluktuatif khususnya cabe, kondisi cuaca yang disadari sangat berpengaruh pada ketersedian dan pasokan komoditas bahan pokok, ketersedian tabung gas LPG 3 kilogram, serta kelancaran transportasi pengangkutan bahan pokok,” terang Korengkeng.

Sementara itu, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang ketika memberikan materi, mengatakan, perlu adanya pengendalian monitoring dan pengawasan secara berkala terkait harga serta jumlah pasokan agar sesuai dgn kebutuhan masyarakat. Selain itu, perlu adanya kebijakan perangkat daerah terkait untuk mendukung ketersediaan infrastruktur pertanian, diantaranya ketersediaan pupuk, masalah irigasi, distribusi pasar dan hal-hal lainnya yang terkait.

Hadir pada rakor tersebut, Kepala Perwakilan BI Sulut Soekowardojo bersama tim, PT Pertamina Sales Area Manager Cabang Manado diwakili Arief Sikoh bersama tim, Asisten Ekonomi & Pembangunan DR S W Siagian MA, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit SH, Pertanian Minahasa Ir Suhban Frans Torar, KaDias Pangan Ir Wenny Talumewo, Kadis Perhubungan Ronny Suwarno S.Sos, Kadis Perdagangan Moudy N Lontaan S.Sos, Mewakili Satpol PP, Kadis Koperasi dan UKM Joudy Kapojos SH, KaBPKAD Dra Riany Suwarno, Bappeda, Hukum, Ekonomi, SDA, Bulog PDAM, Pelaku usaha di Minahasa. (rom)

Add Comment