Dilanda Hujan Deras, Bencana Kepung Sejumlah Daerah di Minahasa

TONDANO, (manadotoday.co.id)–Hujan deras dan berlangaung lama di Kabupaten Minahasa Minggu (19/02/2017) menyebabkan banjir bahkan tanah longsor di sejumlah wilayah.

Longsor di ruas Leilem-Sonder
Longsor di ruas Leilem-Sonder

Pantauan manadotoday.co.id, banjir terjadi di Kelurahan Tataaran 2 tepatnya di kompleks jalan utama Kecamatan Tondano Selatan, longsor terjadi di antara Tomohon-Tataaran tepat d Kasuang.

Selain itu sejumlah titik di Kota Tondano terendam banjir.  Kemudian di Kecamatan Remboken di Desa Leleko sejumlah rumah dan sekolah dasar Leleko terendam banjir,  di Kecamatan Sonder, Sungai Tounelet meluap hingga ke badan jalan mengakibatkan  ratusan ekor babi milik warga Desa Tounelet hanyut.

Sekolah di Remboken tergenang air
Sekolah di Remboken tergenang air

Hal yang sama juga alami warga Leilem sejumlah ternak babi hanyut dan di sejumlah titik antara Sonder-Leilem terjadi longsor.

Sejumlah alat berat langsung dikerahkan dan langsung diawasi Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow.

Ternak Babi di Leilem dan Sonder hanyut akibat banjir
Ternak Babi di Leilem dan Sonder hanyut akibat banjir

”Bapak Bupati langsung memimpin pembersihan jalan yang tertimbun longsor,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Johanis Pesik SSos seraya menambahkan pihaknya mengerarahkan Tim Reaksi Cepat dibantu Satpol PP. (rom)